GOWA, UJUNGJARI.COM — Sebanyak 525 anggota Pramuka tingkat Pandega dan 62 pendamping dari masing-masing Kwartir Ranting (Kwarran) mengikuti Raimuna Cabang 2023 yang digelar Kwartir Cabang (Kwarcab) Gowa di Bumi Perkemahan HM Yasin Limpo, Limbung, Kecamatan Bajeng, Selasa (21/2) pagi.

Raimuna yang dibuka resmi Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gowa Dr Adnan Purichta Ichsan didampingi Abd Rauf Malaganni (Wabup Gowa) dan AKBP Reonald Truli Simanjuntak (Kapolres Gowa) sebagai Wakil Ketua Mabicab Gowa serta Ketua Harian Kwarcab Gowa Baharuddin Mangka dan lainnya akan berlangsung hingga 26 Februari mendatang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ketua Mabicab Gowa sekaligus Ketua Umum Kwartir Cabang Gowa Dr Adnan Purichta Ichsan yang juga Bupati Gowa ini mengatakan, Raimuna ini merupakan ajang kompetisi kecakapan dan skill kepramukaan bagi kalangan pandega yang nantinya akan merujuk pada pelaksanaan Raimuda Daerah serta Raimuna Nasional.

Terkait keberlanjutan pengembangan lahan perkemahan yang kini terpusat di Bumi Perkemahan HM Yasin Limpo Caddika, Adnan mengatakan dirinya akan merampungkan pembangunan sarana prasarana yang ada di Caddika tersebut.

“Saya telah anggarkan pembangunan lanjutan pada APBD 2023 ini sebesar Rp10 miliar. Saya berjanji akan menuntaskan seluruh sarana prasarana pendukung dalam lokasi perkemahan Caddika ini sebelum saya bersama pak Wabup Abd Rauf Malaganni berhenti jadi Bupati-Wabup. Mari kita berdoa bersama agar bumi perkemahan kita ini rampung keseluruhan tahun ini, ” kata Adnan.

Raimuna ini sudah beberapa tahun fakum karena pandemi covid sejak 2019 lalu hingga 2022. Sekarang 2023, Raimuna kembali dilaksanakan.

“Organisasi pramuka adalah wadah pembentukan karakter generasi muda kita agar lebih baik di masa datang. Berorganisasi pramuka ini untuk membentuk emosional quotient yakni silaturahminya, persahabatannya, pertemanannya, gotong royongnya, itu semua dibentuk disini sekaligus mereka memiliki spiritual qoutient yang bagus serta intelegensi quotient inilah implementasi tiga konsep pendidikan kita di gowa. Sehingga kita berharap Raimuna yang diikuti para anggota pramuka ini menjadi agen-agen perubahan di tengah serbuan media sosial. Di Raimuna ini mereka melaksanakan ketangkasan, halang rintang dan jurit malam dan lain-lain, ” jelas Adnan.

Sebagai pramuka tulen, Adnan berkeinginan menjadikan bumi perkemahan Caddika ini sebagai miniatur perkemahan Cibubur.

“Saya ini jebolan pramuka mulai dari tingkat pertama sampai saya ikut Jamnas 1996 lalu sehingga saya rasakan betul seperti apa pendidikan di pramuka itu. Saya ingin menularkan itu. Dan karena saya diberi tanggung jawab sebagai Kwarcab Gowa maka saya ingin membuat bumi perkemahan Caddika ini menjadi miniatur bumi perkemahan Cibubur. Insha Allah 2023 ini sebelum saya selesai masa jabatan pembangunan perkemahan Caddika rampung semua, ” tambah dihadapan para pramuka penegak serta para dewan ambalan dan dewan kehormatan.

Di sela pembukaan Raimuna yang berslogan Porei atau produktif, kreatif dan inovatif ini, Adnan juga melepas peserta lomba tingkat IV Kwarda Sulsel yang akan digelar Maret di Kostrad Maros. Mereka adalah regu terbaik dari Ponpes Putri Sultan Hasanuddin dan regu terbaik putra SMPN 1 Pallangga.

Ketua Harian Kwarcab Gowa Baharuddin Mangka mengatakan selama para pramuka Pandega mengikuti Raimuna, mereka akan mengikuti berbagai kegiatan yang dilombakan maupun yang menjadi wadah diskusi dan sharing bersama yang disiapkan panitia pelaksana.

“Semoga seluruh peserta Raimuna ini dapat menjalani dan menikmati kegiatan ini bersama. Intinya dalam pramuka semua senang dan hati riang, ” ucap Baharuddin Mangka yang juga mantan Sekretaris Kabupaten Gowa ini.

Pembukaan Raimuna Cabang Gowa 2023 ini diwarnai hujan deras. Namun meski diguyur hujan di tengah lapangan, para pramuka Pandega tetap kokoh menjalani upacara hingga kegatan selesai dan hujan pun reda. –