Site icon Ujung Jari

KPU Sebar Ribuan Petugas Pantarlih, Bupati Gowa dan Istri Turut Dicoklit

GOWA, UJUNGJARI.COM — Tercatat sebagai peserta Pemilu 2024, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dan istrinya Priska Paramita ikut dicoklit oleh petugas Pantarlih KPU Gowa. Bupati dan keluarga dicoklit di rumah jabatannya di Jl Beringin, Kelurahan Tombolo, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Senin (20/2) pagi.

Tim pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih dari Komisi Penyelenggaraan Umum (KPU) Gowa bekerjasama dengan Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP). Para petugas ini didampingi Ketua KPU Gowa Muhtar Muis, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Gowa Wasilah dan Ketua Bawaslu Gowa Samsuar Saleh

Adnan pun menyambut dengan baik kunjungan tim Coklit dan PPDP. Adnan mengatakan, Coklit ini merupakan tahapan yang sangat penting dalam Pemilu 2024.

“Data pemilih memang wajib dicocokkan sehingga masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 mendatang yang meliputi pemilihan presiden dan pemilihan legislatif mulai tingkat DPR RI, DPRD provinsi, kabupaten kota dan DPD. Kemudian beberapa bulan setelah itu dilakukan lagi pemilihan kepala daerah (Pilkada). Tiga rangkaian pemilihan ini dilakukan di tahun yang sama sehingga jelas ini beban tugas maha berat bagi penyelenggara.

“Ini merupakan catatan sejarah baru karena baru kali ini pesta demokrasi dilaksanakan di tahun yang sama. Karena bersamaan maka saya sebagai pemerintah berharap pelaksanaan Pilpres, Pileg dan Pilkada Gowa nanti berjalan aman dan damai. Termasuk mempertahankan pencapaian Kabupaten Gowa sebagai zona hijau pelaksanaan Pemilu. Kita sudah melewati pelaksanaan Pemilu 2020 dengan sukses dan lancar, saya yakin dan percaya Pemilu yang akan datang pasti akan berjalan dengan baik, lancar sesuai harapan kita bersama,” kata Bupati Gowa.

Ketua KPU Gowa Muchtar Muis mengatakan Coklit dimulai sejak 12 Februari lalu dan akan berakhir pada 14 Maret 2023 mendatang. Khusus di rujab Bupati Gowa kata Muhtar ada dua yang dicoklit yakni Bupati serta istrinya yakni Priska Paramita.

Dikatakan Muhtar pada pelaksanaan Coklit ini juga melibatkan PPDP serta Bawaslu melalui Panitia Panwascam Somba Opu dan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) Kelurahan Tombolo.

Terpisah, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Gowa Wasilah mengatakan, saat ini data pemilih sudah masuk ke tahapan Coklit yang beririsan dengan tahapan verifikasi faktual (Verfak) atau dukungan perseorangan calon DPD.

“Untuk Coklit ini, KPU menurunkan 2.119 orang Petugas Pemuktahiran Data Pemilihan (Pantarlih) yang mengakomodir 2.019 TPS yang tersebar pada 18 kecamatan,” kata Wasilah.-

Exit mobile version