PANGKEP, UJUNGJARI–Sebuah kapal tongkang( Ponton) tanpa awak ditemukan terkatung-katung di perairan Mandalle kabupaten Pangkep, Rabu(4/1). Kapal tersebut memuat beberapa unit alat berat merk Bomag dan sejumlah besi baja.

Video dan foto keberadaan kapal sudah beredar dimedsos. Dalam video itu sejumlah warga sudah berada diatas kapal tersebut dan ada juga salah seorang anggota Kepolisian.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Belum ada informasi resmi asal usul kapal ini dan dari mana kedatangan serta kenapa bisa terdampar di perairan Mandalle. Begitu pula arah tujuan kapal pengangkut alat berat serta ribuan batang besi itu, belum diketahui dengan jelas.

Apalagi keberadaan kapal tersebut ditinggal begitu saja oleh awak kapal. Tak satu pun ABK yang berada diatas kapal ini. Beberapa warga Mandalle merasa penasaran ingin mengetahui asal usul, siapa pemilik kapal serta barang yang dimuat diatas kapal tongkang ini.

Tetapi akhirnya keberadaan kapal yang terdampar ini terungkap, setelah aparat Polsek Mandalle yang dipimpin Kapolsek Mandalle Iptu Markarma Saleh yang.didampingi Wakapolsek Ipda Abdul Kadir Husen bersama personil Koramil 1421-06, sekitar pukul 08.00.wita Rabu(4/1) mendatangi TKP dan menemukan Kapal Ponton BATAM 02 tanpa ABK yang hanyut / terdampar terbawa Arus pada saat Angin kencang pada pukul 06.00 wita, di selat Makassar tepatnya di perairan Desa Tamarupa Kecamatan Mandalle Kabupaten Pangkep.

Kapal ini memuat Bulldozer WA900 Merek Komatsu 2 Unit, Roller Bw 2020D merek Bomag 3 unit, 1 buah Kontainer, Besi H, Pipa besi Mal tiang pancang, ban mobil dan dinamo.

Dari penemuan kapal terdampar ini. Pihak Kepolisian memintai keterangan beberapa warga atas penemuan kapal yang diduga terbawa arus akibat angin dan gelombang tinggi.

Adapun para saksi yakni Rusman B( 34) seorang nelayan asal kampung Kekeang Desa Tamarupa Kecamatan Mandalle dan Maskur(30) juga nelayan asal Kekeang, Mandalle.

“Kedua nelayan inilah yang melaporkan jika ada kapal Ponton memuat alat berat dan terdampar di Perairan Mandalle, sehingga keduanya kita mintai keterangan,” ujar Kapolsek Mandalle( Udi)