ikut bergabung

Pantai Sumpang Binangae Dihantam Gelombang Tinggi, Tanggul Rusak


Lingkungan

Pantai Sumpang Binangae Dihantam Gelombang Tinggi, Tanggul Rusak

BARRU, UJUNGJARI— Gelombang tinggi air laut menghantam pantai Sumpang Binangae, Jum’at(23/12) sore yang menyebabkan tanggul.pantai rusak dan banjir rob merangsek masuk ke kawasan pemukiman warga di Kelurahan Sumpang Binangae kecamatan Barru. Genangan air laut juga terjadi di pantai Padongko yang terletak didepan kawasan wisata Bola Pitue.

Warga Sumpang Binangae sangat khawatir dengan kekuatan.gelombang air laut yang sangat tinggi karena sudah merusak.tanggul dan merangsek masuk ke kawasan pemukiman.

Hujan deras disertai angin kencang dalam dua hari terakhir melanda beberapa kawasan di wilayah kabupaten Barru juga merusak beberapa rumah warga di kampung Mate’ne di kecamatan Tanete Rilau. Menurut laporan warga sedikitnya ada 5 rumah panggung rusak diterjang angin kencang.

Rumah rusak diterjang angin kencang juga menimpa rumah warga di Kampung Palie dan Ujunge di desa Madello kecamatan Balusu. Begitu pula dengan laporan tanah longsor melanda desa harapan kecamatan Tanete Riaja dijalan masuk menuju jalur kawasan wisata Lappalaona.

Kepala BPBD Barru, Umar Sinampe yang dikonfirmasi membenarkan sejumlah bencana alam yang melanda beberapa kawasan di kabupaten Barru.

“Dikawasan sepanjang pantai hampir seluruhnya terjadi karena adanya gelombang tinggi. Dari pantauan langsung yang kami lakukan di Sumpang Binangae memang sangat tinggi dan kejadian itu diluar kemampuan kita,” kata Umar.

Pihak BPBD sudah menurunkam personil ke beberapa kawasan yang mengalami peristiwa bencana alam. “Bahkan bantuan kepada warga yang rumahnya rusak sudah diturunkan bantuan berupa tenda terpal dan makanan siap saji sembari melakukan pendataan untuk selanjutnya diturunkan bantuan dalam bentuk fisik,” terangnya.

Baca Juga :   Sudah P-21, Lima Tersangka Penyelundupan Solar Subsidi di Sinjai Belum Diadili

Kejadian gelombang tinggi dijelaskan Umar bahwa kejadian dikawasan pantai sekitar jum’at sore. “Bahkan saat melakukan safari jum’at bersama Bupati Barru Suardi Saleh di Masjid Babussalam di Pudee kelurahan Takkalasi, saat itu sudah disaksikan adanya gelombang air laut yang sangat tinggi,” jelasnya.

Umar menghimbau kepada warga agar tetap waspada dengan adanya kondisi cuaca ekstrim yang setiap saat bisa terjadi. ( Udi)

dibaca : 134



Komentar Anda

Berita lainnya Lingkungan

Populer Minggu ini

Arsip

To Top