ikut bergabung

Suardi Nilai Urgensi Tanam Mangrove Cegah Abrasi dan Jaga Biota Laut


Lingkungan

Suardi Nilai Urgensi Tanam Mangrove Cegah Abrasi dan Jaga Biota Laut

BARRU, UJUNGJARI— Aksi tanam mangrove dilakukan tiga lembaga. Ketiga lembaga tersebut berkolaborasi dari
Pusat Pengendalian Pembangunan Ekonomi (P3E) Sulawesi Maluku( Suma), Universitas Hasanuddin (Unhas) plus Ika Unhas dan Pemda Barru. Lokasi penanaman mangrove di area tambak milik Unhas didesa Bojo,Kecamatan Mallusetasi,Kabupaten Barru, Selasa (21/12).

Penanaman pohon mangrove diawali Bupati.Barru Suardi Saleh didampingi Ketua TP PKK sekaligus Anggota Komisi IX DPR RI drg Hj Hasnah Syam, MARS, Kepala P3L KLH Sulawesi Maluku Unhas dan IKA Unhas

Bupati Barru Suardi Saleh menyampaikan terima kasih kepada Panitia Kabupaten Barru dijadikan lokus penanaman pohon mangrove.

Menurut Suardi Saleh , penanaman mangrove sangat penting untuk menjaga sarana ekosistem bagi biota laut seperti udang dan kepiting dan untuk mencegah terjadinya abrasi pantai.

Ia berharap penanaman mangrove ini terus dijaga dan diperhatikan. Karena adanya tanaman mangrove yang lebat dan rapat dapat menjadi tempat berlindung ikan, udang, dan hewan kecil lainnya. Akar tersebut juga berperan dalam menyediakan makanan untuk hewan laut dan dapat mensejahterakan masyarakat sekitar.

Suardi menambahkan, tanaman mangrove juga bisa dijadikan penelitian bagi adik mahasiswa untuk kegiatan penelitian.

“Alhamdulillah dua jurusan di Unhas yang ada di Barru sudah memiliki kampus terletak kantor bupati lama.Tujuannya selain karena kebanggaan kami memiliki potensi perikanan juga mendorong SDM di Barru,” ujar Suardi.

Kepala KP3L Sulawesi Maluku, Taufan Nuri mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemda Barru dan Unhas serta IKA atas kegiatan ini.

Taufan memuji semua pihak dalam kegiatan ini.Memang kehadiran masyarakat untuk menjaga ekosistem laut sangat dibutuhkan.

Momentum penting dengan melakukan penanaman pohon pada intinya adalah melaksanakan keputusan Presiden.

Baca Juga :   Pemprov Sulsel Kolaborasi Pemkab Pangkep Bangun Pabrik Pembuatan Bahan Bakar dari Sampah( Badriah)

Sementara itu, Ketua PSL Unhas Anwar Daud menjelaskan Tanaman mangrove memiliki manfaat di bidang kesehatan dimana sebagian besar bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan alami, selain itu beberapa spesies tanaman mangrove juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan insektisida dan pestisida alam.

Acara ini turut dihadiri Unsur Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Anggota Komisi IX drg Hj Hasnah Syam, MARS, Forkopimda, Sekda Barru Abustan, Ketua IKA Unhas diwakili ketua Bidang Ekonomi Suarman Armawati Alwi.S.P KPH Ajattapareng ,Para pejabat lingkup Pemda Barru.( Udi)

dibaca : 93



Komentar Anda

Berita lainnya Lingkungan

Populer Minggu ini

Arsip

To Top