ikut bergabung

Diguyur Hujan, Bupati Barru Pimpin Peringatan HBN


Sulsel

Diguyur Hujan, Bupati Barru Pimpin Peringatan HBN

BARRU, UJUNGJARI— Guyuran hujan bukan penghalang bagi Bupati Barru untuk memimpin upacara peringatan Hari Bela Negara(HBN) ke-74 tahun 2022 tingkat Kabupaten Barru yang digelar di Kantor Bupati Barru, Senin(19/12).

Meski diguyur hujan, upacara tetap berlangsung secara sederhana dan hikmat diikuti oleh unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama, pimpinan OPD dan ASN Pemkab Barru.

Bupati Barru ISuardi Saleh, bertindak selaku Inspektur upacara sekaligus membacakan sambutan tertulis Presiden RI Joko Widodo.

Presiden RI, Joko Widodo dalam sambutan tertulisnya menekankan, melalui peringatan ini, kita meneguhkan niat kita, bahwa upaya membela negara adalah upaya bersama yang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa.

“Seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan Bela Negara. Kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang,” ucap Jokowi

Oleh karena itu lanjutnya, kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif, dan berdaya saing serta memiliki kesadaran Bela Negara.

Dikatakan, Bela Negara adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara. Bela Negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

Baca Juga :   Ranperda APBD 2021 Parepare Disetujui Tepat Waktu

Nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air; sadar berbangsa dan bernegara, setia pada pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara dan kemampuan awal bela negara. Nilai-nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam program pembinaan kesadaran bela negara, baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya.

“Pada peringatan Hari Bela Negara ke-74 tahun 2022 ini saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi kita masing-masing, untuk ikut serta dalam Bela Negara,” urainya.

Pada Peringatan HBN Ke-74 yang mengusung tema, Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku, dirinya berharap, jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai.

dibaca : 64

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top