ikut bergabung

Humas dan Staf Desa Pakkatto Belajar Ilmu Jurnalistik dan Bikin Konten


MATERI. Syahrir Rinto seorang kreator memberikan materi cara editing foto dan video konten dalam pelatihan jurnalistik di aula kantor Desa Pakkatto. (foto/sar)

Sulsel

Humas dan Staf Desa Pakkatto Belajar Ilmu Jurnalistik dan Bikin Konten

GOWA, UJUNGJARI.COM — Para staf dan Humas Pemerintah Desa Pakkatto, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa belajar ilmu jurnalistik dan ilmu videografer/fotografer serta ilmu menjadi konten kreator.

Pelatihan ini dilakukan dalam rangka mengisi era digitalisasi saat ini dimana semua jajaran pemerintahan sudah harus menerapkan sistem digital dan mampu mengolah website yang berisi kegiatan-kegiatan desa yang sifatnya promotion action ke publik.

Pelatihan yang digelar di aula kantor Pemdes Pakkatto pada Kamis (15/12) siang ini dibuka Camat Bontomarannu Muh Syafaat didampingi Kepala Desa Pakkatto Basir diikuti humas, para staf Desa Pakkatto, anggota BPD Pakkatto serta sejumlah mahasiswa KKN UMI. Dalam kesempatan itu dihadirkan dua pemateri dari kalangan kreator dan jurnalis yakni Syahrir Rinto dan Saribulan.

Camat Bontomarannu Muh Syafaat mengatakan, dunia pemerintahan saat ini tak lepas dari tata kerja yang bersifat transparansi ke publik. Seluruh kegiatan desa harus diketahui masyarakat desa setempat hingga masyarakat luas di Kabupaten Gowa.

Dikatakan Syafaat banyak kegiatan desa yang perlu ditahu dan dilihat oleh publik sehingga masyarakat tahu keeksisan aparatur pemerintah berkinerja membangun desa.

“Dari tahun ke tahun dunia makin canggih. Serba digitalisasi. Kemampuan mempergunakan kecanggihan teknologi akan memudahkan satu desa dikenal di seantero nusantara bahkan di dunia. Sekali posting di medsos maka dalam hitungan detik seluruh dunia mengetahui yang terjadi di satu desa. Nah untuk masuk menjadi pelaku informatif maka kita sebagai aparat perlu dibekali ilmu jurnalistik dan ilmu kreator, paling tidak ilmu itu bisa digunakan untuk memposting berbagai aktifitas desa sehingga diketahui banyak orang, ” papar Camat Bontomarannu saat memberikan sambutan dalam pelatihan yang digelar Pemdes Pakkatto ini.

Baca Juga :   Penyerahan Santunan Untuk Korban Tewas Sesuai Prosedur

Dia mengapresiasi adanya inisiasi pemdes menggelar pelatihan jurnalistik ini. Syafaat pun berharap ilmu yang diperoleh dapat diserap dan diimplementasikan pihak humas desa yang tentunya berbau positif sehingga masyarakat bisa tahu aktifitas dan kegiatan desa.

Kepala Desa Pakkatto Basir sangat mengapresiasi adanya support dari Camat Bontomarannu.

Diakuinya, pelatihan ini tentunya mampu memberikan ruang kepada humas desa untuk proaktif mempublikasikan dan mengontenkan seluruh kegiatan Pemdes Pakkatto sehingga bisa diketahui masyarakat secara meluas.

“Pasca kami dinobatkan jadi Desa Antikorupsi 2022 oleh KPK RI maka kami Pemdes mengedepankan keterbukaan informasi kepada masyarakat. Kami memiliki beberapa ruang publikasi diantaranya website, youtube, dan jenis medsos lainnya. Sarana ini tentunya menjadi ruang bagi kami untuk melakukan transparansi kegiatan kami ke masyarakat, ” kata Basir.

dibaca : 56

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top