ikut bergabung

Pemkab Gowa Resmi Serahkan Pengelolaan RPH ke BULS


RPH. Direktur PT BULS Irman YL menjelaskan sapra lengkap yang dimiliki RPH Modern Gowa. (foto/sar)

Sulsel

Pemkab Gowa Resmi Serahkan Pengelolaan RPH ke BULS

GOWA, UJUNGJARI.COM — Rumah Potong Hewan (RPH) Modern milik Pemerintah Kabupaten Gowa yang sejak terbangun belum dikelola optimal, kini mulai anak menjadi sumber PAD besar bagi Pemkab Gowa. Pasalnya, sesuai rencana pada 16 Maret 2023 mendatang, RPH Modern Gowa ini managemennya akan dikelola PT Berdikari Persero melalui BULS atau Berdikari United Live Stock yang merupakan BUMN yang menangani sektor peternakan.

Sabtu (19/11/2022) pagi berbagai pihak yang bakal bersinergi dalam penggunaan RPH ini mulai melakukan kontrak kerjasama dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di kompleks RPH Modern Gowa di Tamarunang, Kecamatan Somba Opu.

Dalam kegiatan kerjasama ini, Pemkab Gowa menandatangani dokumen kerjasama dengan PT Berdikari United Live Stock (BULS), pihak BUMDes Kabupaten Gowa, pihak Ditjen Desa Tertinggal serta Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, pihak Balai Veteriner, Dinas Peternakan dan Perkebunan Gowa, Fakultas Peternakan Unhas, PT Bank Sulselbar dan lembaga terkait lainnya. Penandatanganan tersebut dilakukan masing-masing pihak ditandai penyerahan santunan kepada para peternak yang mengalami kerugian akibat PMK (penyakit mulut dan kuku).

Dalam kesempatan tersebut, Dirut PT Berdikari Persero Harry Warganegara mengatakan kerjasama ini adalah implementasi MoU yang telah dilakukan Berdikari dengan Pemkab Gowa setahun lalu.

“Implementasi MoU ini kita harap bisa segera berjalan agar manfaatnya bisa segera dirasakan masyarakat dan meningkatkan perekonomian di Gowa dan Sulsel.
Perencanaan Implementasi MoU ini sudah cukup lama kita inisiasi terutama dengan program Desa Peternakan di Kemendes dan Desa Tertinggal. Dan sekarang kita mulai laksanakan, ” kata Harry.

Baca Juga :   Setelah Bupati Kebumen, Giliran Wabup Temanggung Studi Banding Kawasan Industri Tembakau di Soppeng

Diakuinya, Berdikari adalah satu-satunya BUMN di bidang peternakan yang bisa berjalan baik saat ini. Dan Berdikari melalui BULS (Berdikari United Live Stock) yang menjadi perpanjangan tangan Berdikari sekaligus Off Taker (penjamin komoditas) yang akan mengelola langsung RPH Modern Gowa menjadi satu usaha besar ke depan. Apalagi RPH Gowa saat ini memiliki peralatan yang cukup memadai dan modern.

Sementara itu Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian Dr Nasrullah mengatakan dunia saat ini tidak baik-baik saja. Dunia bukan hanya mengalami krisis ekonomi tapi juga krisis pangan. Namun alhamdulillah kata Nasrullah, Indonesia mampu berbuat lebih yakni dengan melepas ekspor pangan ke Malaysia pada pertengahan Juni 2022 untuk membantu Malaysia yang kekurangan pangan.

dibaca : 132

Laman: 1 2 3



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top