ikut bergabung

PMI Gowa Bakal Miliki 4.175 Relawan Sibat, Jadi Pendonor Darah Tetap


PMI. Ketua PMI Sulsel Adnan Purichta Ichsan bersama Ketua PMI Gowa Abd Rauf Malaganni dalam Raker PMI Gowa. (foto/ist)

Sulsel

PMI Gowa Bakal Miliki 4.175 Relawan Sibat, Jadi Pendonor Darah Tetap

GOWA, UJUNGJARI.COM — Sebanyak 4.175 orang relawan Sibat (siaga bencana berbasis masyarakat) yang akan dimiliki PMI Kabupaten Gowa. Ribuan relawan ini bersumber dari perekrutan 25 relawan Sibat dari 167 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Gowa.

Perekrutan relawan Sibat ini akan segera dilakukan oleh masing-masing PMI kecamatan yang telah terbentuk di Gowa dibawah naungan PMI Gowa. Bakal adanya backup 4.175 relawan Sibat ini diapresiasi Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan selaku Ketua PMI Sulawesi Selatan.

Adnan menyambut baik relawan Sibat yang akan dibentuk oleh PMI Gowa. Menurut Adnan, itu jelas akan sangat membantu program PMI khususnya dalam ketersediaan darah terutama di Kabupaten Gowa. Karenanya, Adnan meminta agar relawan Sibat ini dirutinkan melakukan donor darah.

“Saya minta relawan yang akan dilantik ini rutin setiap dua bulan setengah melakukan donor darah, sehingga stok darah tidak pernah kosong dan itu akan membantu masyarakat kita yang membutuhkan darah,” kata Adnan saatvmembuka Raker PMI Gowa di Baruga Karaeng Galesong, kantor Pemerintah Kabupaten Gowa, Rabu (9/11) siang.

Bahkan dalan kesempatan itu, Bupati Gowa pun meminta Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf agar memungsikan Unit Transfusi Darah (UTD) Kabupaten Gowa yang telah ada dan bekerjasama dengan PMI Gowa melaksanakan donor darah secara rutin.

“Saya minta Direktur RSUD bersama Ketua PMI Kabupaten Gowa bekerjasama untuk pengelolaan UTD ini, supaya stok darah kita bisa terjaga dengan baik,” kata Adnan seraya menguraikan detil manfaat-manfaat donor darah.

Baca Juga :   Ketua BAZNAS Sulsel Berkunjung ke Palopo, Ini yang Dibahas

Dirinya juga menyebutkan beberapa manfaat yang diperoleh dari donor donor darah yaitu dapat membantu dan menolong orang lain, baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal. Kemudian darah yang didonorkan kepada orang lain tentu ini akan bernilai pahala di sisi Allah SWT.

“300 CC darah yang diambil dalam tubuh kita akan digantikan dengan sel-sel darah baru. Manfaat lain adalah orang yang rutin donor darah Insha Allah akan memiliki tubuh yang sehat,” kata Adnan.

Sementara itu, Ketua PMI Gowa Abd Rauf Malaganni yang juga adalah Wakil Bupati Gowa ini menyebutkan bahwa perekrutan relawan Sibat ini merupakan salah satu program PMI Gowa. Asal relawan diperoleh perekrutan 25 orang per desa/kelurahan.

“Dari 25 relawan per desa/kelurahan yang akan kita rekrut otomatis jumlahnya keseluruhan 4.175 orang dan tugasnya nanti adalah memberikan pengetahuan kepada masyarakat bagaimana melaksanakan tanggap darurat bencana di wilayah masing-masing. Selain itu para Sibat ini akan menjadi pendonor darah tetap. Dan sesuai aturannya di PMI, relawan yang kita rekrut adalah yang masih berusia di bawah 40 tahun.

dibaca : 127

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top