ikut bergabung

Lembaga Adat Kerajaan Gowa Gelar Maudu Adaka ri Balla Lompoa


MAUDU. Suasana Maudu Adaka ri Balla Lompoa, Sungguminasa. (foto/ist)

Sulsel

Lembaga Adat Kerajaan Gowa Gelar Maudu Adaka ri Balla Lompoa

GOWA, UJUNGJARI.COM — Pelaksanaan Maudu Adaka ri Balla Lompoa yang diselenggarakan keluarga Kerajaan Gowa pada Jumat (21/10) lalu berlangsung sederhana. Maulid Nabi Muhammad SAW ini turut dihadiri Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dan jajaran Pemerintah Kabupaten Gowa.

Dalam kesempatan hadir tersebut, Bupati Adnan mengapresiasi pelaksanaan Maudu Adaka yang diselenggarakan oleh Lembaga Adat Kerajaan Gowa di Museum Istana Balla Lompoa tersebut.

Adnan mengatakan kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya untuk memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, namun karena adanya Covid-19 dua tahun belakangan ini maka pelaksanaannya baru kembali dilaksanakan tahun 2022 ini.

“Kegiatan ini sebenarnya rutin dilaksanakan tapi memang sempat vakum karena pandemi, sehingga begitu diminta Balla Lompoa ini untuk dipakai kami mempersilahkan. Intinya Balla Lompoa ini milik kita semua, jadi siapapun yang ingin memakai apalagi lembaga adat kerajaan silahkan yang penting kita bersama-sama menjaganya,” tutur Bupati Gowa saat memberikan sambutannya.

Pada kesempatan itu dirinya menyampaikan pentingnya meneladani empat sifat dasar nabi di kehidupan sehari-hari yakni siddiq artinya benar, amanah atau dapat dipercaya, tabligh menyampaikan hal-hal yang baik, dan fatonah atau cerdas.

“Keempat sifat dasar ini jika dipedomani dengan baik maka insha Allah akan membuat kita sukses, karena kekuatan daerah ditentukan di sumber daya manusianya maka siapa yang membangun itu maka kemajuan daerah mampu kita raih bersama,” papar Adnan.

Baca Juga :   Ilham Azikin Lantik Abdul Wahab Sebagai Penjabat Sekda Bantaeng

Sementara Raja Gowa ke 38 Andi Kumala Idjo Daeng Sisila Karaeng Lembang Parang Batara mengatakan peringatan maulid tahun ini terbilang meriah meskipun pelaksanaannya dilakukan secara sederhana.

“Maulid ini dilaksanakan karena kecintaan kita terhadap Nabi Muhammad SAW, walaupun sederhana tapi penuh khidmat dan insya Allah kedepan kita adakan lebih besar lagi,” kata Andi Kumala A Idjo ini.

Dalam kegiatan itu, turut hadir Dandim 1409 Gowa Letkol Inf Muhammad Isnaeni Natsir dan mantan Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad. –

dibaca : 118



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top