ikut bergabung

Pemerintah dan NU Harus Selalu Berkolaborasi


MAULID. Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan duduk bersama Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta KH Nasaruddin Umar di kegiatan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yabg digelar NU Gowa di Masjid Agung Syekh Yusuf. (foto/ist)

Sulsel

Pemerintah dan NU Harus Selalu Berkolaborasi

GOWA, UJUNGJARI.COM — Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, pemerintah bersama Nahdlatul Ulama (NU) harus selalu berkolaborasi. Bukan hanya kepada pemerintah saja tapi juga kepada berbagai pihak lainnya. Dikatakan Adnan, kolaborasi ini sangat dibutuhkan di setiap hal agar kedua pihak mampu berjalan seiring menuju visi bersama.

Penegasan itu disampaikan Adnan ketika menghadiri pelantikan Majelis Wakil Cabang (WMC) se Kabupaten Gowa yang dirangkai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dihelat NU Kabupaten Gowa di Masjid Agung Syekh Yusuf, Rabu (19/10/2022) kemarin.

Diuraikan Adnan, saat ini kolaborasi dan kerjasama dari berbagai pihak sangat dibutuhkan, termasuk dengan organisasi-organisasi Islam lainnya. Kolaborasi itu kesuksesan pembangunan baik pembangunan fisik maupun SDM tidak bisa diraih secara individual saja tapi perlu sinergi dan kekompakan bersama yang saling mendukung.

“Kesuksesan sekarang tidak bisa diraih dengan individualisme saja tapi harus kolaboratif. Kita harus kompak tanpa melihat latar belakang. Yang harus dilihat adalah masyarakat Kabupaten Gowa seutuhnya atau demi kemajuan masyarakat Kabupaten Gowa keseluruhan,” ucap Adnan.

Adnan pun menguraikan teori Pentahelix bahwa ada lima unsur kemajuan daerah yang tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya yakni pemerintah, swasta, masyarakat termasuk organisasi dan komunitas, media serta akademisi.

“Salah satu unsur dalam pentahelix adalah masyarakat termasuk didalamnya organisasi-organisasi, komunitas dimana organisasi dan komunitas itu yang bisa membantu pemerintah khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan lapisan masyarakat. Apabila kelima unsur itu mampu dijaga dengan baik maka pasti akan membuat daerah itu maju,” sebut Adnan.

Baca Juga :   Barru Juara Tiga South Sulawesi Invesment Challenge 2021

Adnan pun berharap seluruh organisasi yang ada bisa terus bekerjasama dan berkolaborasi dengan pemerintah dengan menunjukkan bentuk kontribusi yang semakin nyata dan lebih konkrit lagi.

Di tempat yang sama, Rais Syuriah PC NU Gowa Prof Dr KH Abustani Ilyas mengatakan dengan kolaborasi dan kerjasama Pemerintah Kabupaten Gowa, NU mampu menjalankan berbagai program kegiatan termasuk kegiatan pelantikan WMC dan peringatan maulid ini.

“Alhamdulillah kegiatan ini terlaksana sebagai salah satu implementasi dari kolaborasi NU dengan pemerintah daerah, ” ucap Prof Dr KH Abustani Ilyas dihadapan Bupati Gowa serta Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Prof Dr KH Nasaruddin Umar yang juga tampil menyampaikan tauziah peringatan maulid di Masjid Agung Syekh Yusuf tersebut. –

dibaca : 55



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top