ikut bergabung

Guru PAI Wajib Ikut PPG, Tahap Pertama 100 Orang


PPG. Para guru PAI Gowa saat mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dilaksanakan Pemkab Gowa bekerjasama Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. (foto/ist)

Sulsel

Guru PAI Wajib Ikut PPG, Tahap Pertama 100 Orang

GOWA, UJUNGJARI.COM — Sebanyak 100 orang guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Kabupaten Gowa mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang diselenggarakan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

PPG yang berlangsung di Baruga Tinggimae rujab Bupati Gowa, Kamis (20/10/2022) ini merupakan program kerjasama Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar dengan Pemkab Gowa. PPG ini dilakukan sebagai upaya Pemkab Gowa dalam peningkatan mutu dan kualitas para guru PAI sekaligus sebagai komitmen Pemkab Gowa menjalankan program prioritas di bidang pendidikan.

PPG khusus bagi guru PAI ini sebagai upaya peningkatan kompetensi guru dan tenaga pendidik Agama Islam ke depan.

“Ini sebuah komitmen kita untuk terus menindaklanjuti program prioritas yang kita rencanakan, salah satunya meningkatkan pendidikan dan SDM yang berlandaskan iman dan takwa. Alhamdulillah hari ini kita melakukan PPG ini sebagai bentuk komitmen tersebut,” kata Bupati Adnan.

Adnan menjelaskan, salah satu keuntungan dari PPG ini yakni para guru akan mendapatkan tunjangan sertifikasi yang berdampak baik terhadap kesejahteraan guru.

Karena itu, Adnan pun berkomitmen akan menyelesaikan seluruh guru mengikuti PPG sebelum masa jabatannya selesai pada 2025 mendatang dan para guru PAI pun wajib mengikuti PPG tersebut.

“Tujuan utama kita melakukan kerjasama ini selain meningkatkan kesejahteraan, yang kita inginkan adanya akselarasi ekonomi yang berputar sehingga ekonomi Gowa tumbuh di masa yang akan datang,” ucap Adnan.

Baca Juga :   RW 1 Kelurahan Totaka Lakukan Strategi Pemberdayaan Masyarakat

Untuk mencapai tujuan itu, Adnan pun meminta agar guru yang mengikuti PPG ini dapat meningkatkan kompetensinya khususnya di bidang digitalisasi dan mengikuti perkembangan zaman yang ada karena perlahan tatanan kehidupan mengarah digitalisasi sehingga penguasaan teknologi sangat dibutuhkan.

“Para guru harus menguasai teknologi karena kedepan perubahan zaman yang ada teknologi menjadi keniscayaan,” kata Bupati Gowa ini.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa Taufik Mursad mengatakan jumlah guru agama yang akan mengikuti Diklat PPG melalui APBD pemerintah pada Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar ini sebanyak 100 orang yang terdiri dari guru TK, SD, SMP baik ASN maupun non ASN.

Dijelas Taufik, data guru agama keseluruhan di Gowa sebanyak 780 orang, namun dari data guru yang telah lulus seleksi dan menjadi calon peserta diklat adalah 341 orang, sehingga calon guru agama Islam yang diharapkan mengikuti diklat pada 2023 ini tersisa 241 orang.

dibaca : 73

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top