BARRU, UJUNGJARI— Begitu banyak cerita masa SMA dikenang Danlantamal VI Makassar Brigjen TNI Marinir Amir Kasman saat berkunjung ke sekolahnya di SMA Negeri 1 Barru di jalan Jenderal Sudirman kelurahan Sumpang Binangae kabupaten Barru, Kamis(20/10).

Mulai dari ruang dan teman kelasnya, guru, wali kelas hingga kantin sekolah yang di kelolah gurunya juga tak luput dari curhat Jenderal bintang satu kelahiran Ballewe kabupaten Barru ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Saya dulu suka makan ubi goreng di warung istrinya Pak Edis( Guru PMP),” ujarnya Sembari berjalan menyusuri lapangan olahraga menuju Aula sekolah untuk bertemu para siswa yang telah menunggunya.

Saat tiba di SMA Negeri 1 Barru, Jenderal Amir Kasman sudah dinanti para letting sekolahnya dan ketika mobil Rubicon berplat Angkatan laut tiba depan sekolahnya. Jendaral Marinir ini langsung memeluk erat Pak Yosep Duma, Wali Kelasnya ketika di SMA.

Brigjen TNI Marinir Amir Kasman saat tiba disekolahnya seolah tak menyangka dengan kedatangannya yang disambut antusias para siswa yang berbaris mulai dari pintu gerbang hingga masuk ke Aula SMA Negeri 1 Barru.

Sambil berjalan masuk ke ruang rapat Kepala Sekolah Danlantamal disambut Kepala UPT SMA Negeri 1 Barru H Umar. Sesekali pandangan menerawang putra almarhum Kasman yang juga seorang prajurit TNI mengenang sekolahnya. 

Ia kemudian mencari lagi guru olahraganya. Mana Pak Ni’matullah. Guru olahraga SMA Negeri 1 Barru ini diminta datang karena masih berada di ruang olahraga tempat rehat usai mengajar olahraga.


Sambil berjalan Akhirnya Pak Nimatullah masuk dan langsung dipeluk oleh muridnya dulu sèmasa SMA. “Kalau bukan Pak Ni’ma yang gembleng fisik saya di SMA tidak mungkin jadi jenderal. Saya ingat waktu disuruh lari keliling lapangan Sumpang Binangae,” ucap Jenderal Amir Kasman mengenang masa SMA nya.

Kepala UPT SMA Negeri 1 Barru mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan perhatian dari Bapak Danlantamal VI yang merupakan alumni tahun 1991 dari SMA Negeri 1 Barru.


“Seluruh keluarga besar sekolah ini bersyukur dan bangga memiliki alumni sukses karena prestasi dan karir seperto yang diemban oleh Danlantamal VI Brigjen TNI Marinir Amir Kasman,” ujar Umar.

Dihadapan para siswa, Danlantamal VI Brigjen TNI Marinin Amir Kasman memberikan motivasi kepada para siswa agar terus mengejar cita-citanya.

Tetapi jangan pernah menciptakan dosa kepada orang tua dan guru. “Do’a orang tua dan bimbingan guru kita disekolah merupakan hal penting yang tidak bisa diabaikan. Kami bisa meraih posisi seperti sekarang karena do’a dan restu dari orang tua serta berkat bimbingan para guru disekolah,” pungkas Jenderal Amir .

Para alumni seangkatan Brigjen TNI Marinir Amir Kasman di SMA Negeri 1 yang dulu dikenal SMA 295 Barru tampak antusias melakukan foto bersama baik didepan Aula maupun depan sekolah( Udi)