Site icon Ujung Jari

Warga Kalegowa Gembira Dapat Sembako Murah MPS

GOWA, UJUNGJARI.COM — Hari kedua pelaksanaan pasar murah yang digelar Milenial Peduli Sulsel (MPS) kembali diserbu warga. Kali ini giliran 200 keluarga di Kelurahan Kalegowa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa yang kebagian kupon sembako murah. Belanja kebutuhan pokok murah ini berlangsung di pelataran permukiman warga di Kalegowa, Kamis (23/10/2022) pagi hingga siang.

Ratusan emak-emak yang datang memegang kuponnya langsung antre di depan panitia untuk menyetorkan pembelanjaannya yang dibutuhkan. Dari delapan jenis kebutuhan pokok yang dipasarkan MPS menggandeng sejumlah distributor produk serta Dinas Perdagangan Provinsi Sulsel, rerata yang banyak dibeli emak-emak tersebut adalah minyak goreng, gula, bawang merah dan bawang putih.

Delapan jenis kebutuhan dapur yang dipasarkan dengan harga murah yakni beras Rp 33.000 per karung (normal Rp 47.250), telur Rp 31.000 per rak (normal Rp 45.000). Terigu Rp 8.000 per Kg (normal Rp 12.000), gula pasir Rp 10.000 per Kg (normal Rp 14.000), minyak goreng Rp 10.000 per liter (normal Rp 15.000).

Bawang merah Rp 22.000 per Kg (normal Rp 35.000), bawang putih Rp 20.000 per Kg (normal Rp 25.000) dan cabe rawit Rp 25.000 per Kg (normal Rp 35.000).

Ketua MPS Sulsel Hasrul A Rajab kepada ujungjari.com mengatakan, pasar murah ini selain menggandeng Dinas Perdagangan Provinsi Sulsel juga Bank Sulsel Kanca Gowa.

Keterlibatan Dinas Perdagangan dalam hal kolaborasi dengan para produsen sembako dan dengan Bank Sulsel terkait pemberian subsidi pembelanjaan masyarakat sebesar 30 persen.

” Ada delapan jenis kebutuhan pokok yang kami siapkan dalam pasar murah ini. Warga membelinya dengan harga murah. Kemurahan yang diperoleh warga dari pasar murah inilah yang disubsidi oleh Bank Sulsel sebesar 30 persen. Alhamdulillah semoga upaya kita membantu masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan pokoknya secara murah bisa terus kita lakukan di wilayah-wilayah berbeda, ” jelas Hasrul.

Dia juga mengatakan, untuk pemberian kupon belanja murah ini ke warga kurang mampu, pihaknya melakukan pendataan lebih awal dengan selektif. Yang dapat kupon adalah betul-betul warga kurang mampu dalam kondisi krisis saat ini akibat kenaikan BBM.

” Alhamdulillah Gubernur Sulsel bapak Andi Sudirman Sulaiman memberikan dukungan penuh kepada MPS dalam melaksanakan baksos ini. Beliau terus mensupport kami semoga ini semua berkah untuk masyarakat Sulsel, ” kata Hasrul sembari mengatakan pekan depan akan kembali membuka gerai pasar murah di dua titik berbeda.

Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan Provinsi Sulsel Aldiana Thamrin yang ikut hadir memantau aktivitas pasar murah mengapresiasi upaya komunitas pemuda MPS yang terus gigih melakukan aksi sosial untuk masyarakat.

“Kami akan selalu siap mensupport MPS untuk melakukan aksi sosial membantu masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan pokok mereka pasca pandemi dan kenaikan BBM, ” terang Aldiana.

Terpisah sejumlah emak-emak yang telah berbelanja bawang putih dan bawang merah pun langsung saja spontan menyampaikan terimakasihnya kepada MPS terlebih kepada Gubernur Sulsel atas kegiatan pasar murah yang dilakukan ini.

“Terimakasih bapak gubernur karena adanya pasar murah ini kami bisa beli bawang merah dan bawang putih dengan harga murah. Semoga besok-besok ada lagi pasar murah ini, ” kata salah satu emak-emak yang datang membeli bawang putih kiloan. –

Exit mobile version