Site icon Ujung Jari

Program College PT PLN Indonesia Power PLTU Sasar Siswa Barru

BARRU,UJUNGJARI— Anak perusahaan BUMN PLN, PT Indonesia Power PLTU Barru tidak hanya memberikan pemberdayaan secara ekonomi kepada masyarakat. Saat ini PT Indonesia Power juga menyasar para siswa SLTA dikabupaten Barru untuk memberikan pengetahuan tentang ketenagalistrikan secara online melalui Program Coginda Digital Learning Generation( College).

Program College ini digratiskan PT Indonesia Power dan waktu pendafraran dimulai tanggal 3 sampai 7 Oktober 2022. Untuk pelaksanaan webinar College  ini akan menghimpun 3.000 pendaftar pertama mulai 17 sampai 28 Oktober 2022.

Humas PT PLN Indonesia Power PLTU Barru, Muh Said, ST saat dihubungi Selasa(11/10) membenarkan adanya program College yang akan diperkenakan kepada siswa ditingkat SLTA.

Said menyatakan program College yang telah disosialisasikan diberbagai sekolah lanjutan atas( SLTA). Program College ini memiliki keunggulan karena menyesuaikan kurikulum dengan materi yang sesuai dengan industri.

Melalui program ini juga, siswa akan mendapatkan pengalaman belajar langsung di Pembangkit listrik. Mendapatkan sertifikasi oleh lembaga profesi resmi dibawah Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan. Kemudian menyerap ilmu langsung dari praktisi expert dibidang pembangkit listrik. Selain itu mempelajari ilmu teknik kapan pun dan dimana saja.

” Jadi Cogindo ini memperkenalkan aplikasi sebagai sebuah platform pembelajaran digital yang memberikan kemudahan dalam mempelajari sistem pengoperasian dan pemeliharaan pembangkit tenaga listrik,” ujar Said.

Dijelaskan Said yang juga Alumni Teknik Industri UNHAS ini bahwa melalui College ini akan memperkenalkan Self Learning artinya peserta akan memilih secara mandiri bidang keahlian dan jenis pembangkit listrik berdasarkan level dasar hingga tinggi. Begitu pula dengan On Site Learning, peserta akan melihat peralatan dan mengamati pembangkit listrik secara langsung sesuai prosedur pengoperasian serta pemeliharaan.

Selanjutnya peserta akan mengenal Simulator( Mempelajari proses pengoperasian dan simulator control room secara online ataupun offline. “Termasuk Meet The Expert yakni bertemu dengan praktisi expert dibidang pengoperasian dan pemeliharaan pembangkit tenaga listrik,” jelasnya.

Salah satu sekolah di kabupaten Barru yang ikut disasar untuk program College ini yakni UPT SMA Negeri 1 Barru . Hal ini diakui Wakil Kepala UPT SMA Negeri 1 Barru, Tamrin Tajuddin. Pihak sekolah sangat mengapresiasi kegiatan dari program College via online gratis yang digagas PT Indoneaia Power PLTU Barru.

“Agenda PT Indonesia Power PLTU Barru tidak hanya konsentrasi mengurus pembangkit listrik. Ternyata juga punya kepedulian terhadap upaya menambah pengetahuan ketenagalistrikan kepada siswa disekolah,” ucap Tamrin.

Pihak UPT SMA Negeri 1 Barru sangat welcome dan berterima kasih dengan kedatangan tim sosialisasi College PT Indonesia Power yang mengajak para siswa SMA Negeri 1 Barru untuk mengikuti kegiatan tersebut.( Udi)

Exit mobile version