MALILI,UJUNGJARI.COM–Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Luwu Timur terus melakukan inovasi dalam memberi layanan adiministrasi kependudukan. Salah satunya dengan menjemput bola melayani administrasi kependudukan warga di desa.

Pekan lalu aksi jemput bola Disdukcapil Luwu Timur merambah Desa Taripa, Kecamatan Angkona. Staf Disdukcapil membuka layanan administrasi kependudukan di desa ini selama dua hari, Jumat-Sabtu, 7-8 Oktober 2022.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Administrasi kependudukan yang dilayani antara lain dokumen kartu keluarga, kartu tanda penduduk, akte kelahiran, dan lainnya.

Kepala Dinas Dukcapil Lutim, Oksen Bija mengatakan sesuai dengan Instruksi Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk lebih giat melakukan pelayanan jemput bola atau Capil masuk kecamatan dan desa sehingga semua masyarakat mudah mengurus dan memiliki dokumen administrasi kependudukan.

“Saya menilai bahwa masyarakat Desa Taripa penuh antusias untuk mengurus dokumen kependudukan, ini membuktikan bahwa warga sadar akan pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan,” ungkap Oksen.

Kabid Pencatatan Sipil, Rosmala Dewi Amir yang juga turut mendampingi pelayanan menambahkan dengan kondisi warga yang masih banyak belum memiliki dokumen administrasi kependudukan, sehingga Capil masuk desa ini dapat mempermudah warga mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan, terutama Akta Kelahiran, KIA, KK, KTP, Akta Perkawinan, Akta kematian, dan akta perceraian.

Ia mengungkapkan bahwa, pelayanan administrasi di Desa Taripa sangat tinggi, yaitu Akta Kelahiran sebanyak 290, Kartu Keluarga 155, Surat keterangan KTP 117, Perekaman KTP 34, Surat Pindah 26, Akta Perkawinan 3, dan Akta Kematian 6.

“Masyarakat di sini sangat sadar administrasi, namun karena keterbatasan waktu, Insha Allah kami akan jadwalkan kembali untuk Desa Taripa,” beber Rosmala Dewi. (rud)