ikut bergabung

Divif 3 Kostrad Siap Bantu Pemkab Gowa Tuntaskan Stunting


KOLABORASI. Wabup Gowa Abd Rauf Malaganni bersama Pangdivif 3 Kostrad Mayjen TNI Dwi Darmadi saat bersama mencanangkan kolaborasi bersama penurunan angka stunting. (foto/ist)

Sulsel

Divif 3 Kostrad Siap Bantu Pemkab Gowa Tuntaskan Stunting

Sementara itu, Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni mengatakan penanganan stunting ini menjadi tanggung jawab bersama sehingga dibutuhkan kolaborasi dari semua pihak, tidak terkecuali Divif 3 Kostrad.

“Kita tidak punya banyak waktu untuk melakukan penurunan stunting. Untuk itu, kolaborasi, konvergensi dan semua keterpaduan program dan kegiatan diperlukan untuk melakukan percepatan penurunan stunting, termasuk TNI dan Kepolisian didalamnya,” papar Rauf.

Wabup Gowa menjelaskan bahwa kondisi stunting bukan hanya disebabkan oleh masalah kesehatan semata, juga disebabkan berbagai faktor, seperti faktor ekonomi, pengetahuan orangtua, ketersediaan pangan atau bahkan faktor politik.

Olehnya itu, dalam upaya pencegahan stunting perlu dimulai dari hulu, yaitu memperhatikan kesiapan dari calon pengantin, kesehatan ibu hamil, pasca salin, dan tumbuh kembang balita. Tentu dengan memperhatikan sasaran yang tepat ,diharapkan tidak akan ada lagi penambahan kasus stunting baru.

“Bila kita dapat melakukan penurunan stunting secara cepat dan tepat, maka akan banyak masalah lain yang ikut terselesaikan, seperti masih tingginya angka kematian ibu bersalin dan bayi baru lahir, banyaknya pernikahan usia anak dan masalah lain yang menyangkut pangan dan lingkungan,” kata Rauf.

Bentuk kolaborasi yang dilakukan saat ini adalah pemberian paket makanan bagi ibu hamil dan anak usia di bawah dua tahun. Wabup Gowa pun berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan dan semua pihak bekerja dengan bersungguh-sungguh untuk mecapai target 14 persen angka stunting di tahun 2024.

Baca Juga :   Wali Kota Makassar Tegaskan Lurah Perhatikan Longwis, Pastikan Semuanya Sesuai Kriteria

“Kita berharap Gowa dapat bersiap menyambut Indonesia Emas 2045 yang merupakan 100 tahun Indonesia merdeka dengan kualitas sumber daya manusia yang unggul,” kata Wabup Gowa.

Dalam pencanangan itu turut hadir jajaran pejabat tinggi Divif 3 Kostrad diantaranya Kasdivif 3 Kostrad Brigjen TNI Susilo, Ir Divif 3 Kostrad Brigjen TNI Arnold AP Ritiauw, Asren Kasdivif 3 Kostrad Kolobel Inf Momon Nuryaman dan Asintel Kasdivif 3 Kostrad Kolonel Inf Nur Ahmad serta pejabat tinggi Divif 3 Kostrad lainnya.

Turut hadir pula Ketua DPRD Gowa Rafiudin, Kapolres Gowa AKBP Tri Goffarudin, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab Gowa Muh Rusdi, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Gowa Sofyan Daud, Kadis Kesehatan Gowa Taufik Mursad, Ketua Baznas Gowa Abbas Alauddin serta Kadis Sosial Gowa diwakili Kabid Perlindungan dan Jamsos Andi Baso Gazali, Camat Bontomarannu Muh Syafaat dan beberapa pejabat lingkup Pemkab Gowa lainnya. –

dibaca : 81

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top