ikut bergabung

Pangdam XIV Minta Mahasiswa Jauhi yang Bisa Picu Konflik


KAMPUS. Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad saat tiba di kampus FT Unhas Gowa disambut Dekan FT Unhas Prof Dr Isran Ramli sebelum memberikan kuliah umum. (foto/ist)

Pendidikan

Pangdam XIV Minta Mahasiswa Jauhi yang Bisa Picu Konflik

GOWA, UJUNGJARI.COM — Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad menegaskan agar perguruan tinggi mampu menghasilkan terobosan-terobosan konstruktif. Hal itu ditegaskan Pangdam XIV saat memberikan kuliah umun bagi mahasiswa Unhas di gedung CSA Fakultas Teknik Unhas di Borongloe, Kecamatan Bontomarannu, Gowa, Jumat (26/8).

Kehadiran Pangdam Mayjen TNI Andi Muhammad di kampus merah ini serangkaian dies natalis Unhas Makassar tahun ini.

Dalam kuliah umum tersebut, Mayjen TNI Andi Muhammad mengusung materi ‘Peran Perguruan Tinggi dalam Membangun Integritas Kebangsaan Indonesia’. Menurut perwira TNI kelahiran Sulawesi Selatan ini, bahwa di tengah situasi berbangsa dan bernegara pada saat ini, perguruan tinggi merupakan pilar sebagai perkembangan peradaban bangsa yang memiliki tuntutan, tantangan dan tanggung jawab bagi bangsa dan negara ke depan.

“Penting dipahami bahwa kesuksesan dan kejayaan peradaban suatu bangsa pada hari ini dan masa mendatang sesungguhnya tercermin dari wajah perguruan tinggi. Karena itu perguruan tinggi harus mampu meneguhkan peran untuk menghasilkan terobosan-terobosan konstruktif bagi peningkatan kualitas peradaban bangsa, agar produk perguruan tinggi dapat menjadi figur yang menghargai keagamaan, memiliki daya saing serta kemampuan berkolaborasi,” tandas Mayjen TNI Andi Muhammad.

Pangdam pun berharap di era digital dan kebebasan informasi saat ini agar jajaran kampus khususnya mahasiswa menghindari adanya berbagai informasi hoaks, berita atau ajakan untuk saling menjatuhkan, mencaci maki, saling serang antara kelompok karena adanya perbedaan pendapat atau pilihan.

Baca Juga :   Catat 77 Hak Cipta, Prof Husain Syam Dinobatkan Jadi Dosen Terbaik UNM

” Jauhi ini semua yang dapat menimbulkan suatu konflik dan merongrong nilai-nilai semangat Indonesia. Civitas akademik perguruan tinggi harus dapat menjadi solusi publik dan masyarakat, menyuarakan kepentingan rakyat, menjawab persoalan kebangsaan dan menjadi motor dan kolabolator aktualisasi nilai-nilai kemanusiaan dan kebangsaan sebagaimana terkandung di dalam Pancasila,” tegas Pangdam XIV.

Pangdam mengatakan, eksistensi perguruan tinggi di ruang-ruang publik akan membawa Pancasila dengan segenap nilai-nilainya untuk mampu menemukan momentum terbaik untuk diterima dan mengisi sisi terdalam nurani anak bangsa secara kolektif.

Kehadiran Pangdam XIV Hasanuddin ini disambut hangat Dekan Fakultas Teknik Unhas Gowa Prof Dr Isran Ramli bersama jajaran Rektorat Unhas lainnya. Turut hadir mendampingi Pangdam yakni Pamen Ahli Bidang Hukum dan Humaniter Kolonel Arm Airlangga, Kapendam Kolonel Inf Rio Purwantoro dan Waaster Letkol Arh Muh Suaib.-

dibaca : 41



Komentar Anda

Berita lainnya Pendidikan

Populer Minggu ini

Arsip

To Top