BARRU, UJUNGJARI— Selama 2021 ada sekitar 116 rumah warga yang rusak akibat bencana alam. Kerusakan itu terjadi karena berbagai jenis bencana alam seperti angin puting beliung, banjir, tanah longsor hingga abrasi. Kondisi ini kemudian memantik kepedulian dari pihak Pemkab Barru bersama Baznas kabupaten Barru untuk mengulurkan bantuan.

Bantuan ini telah diserahkan langsung Bupati Barru Suardi Saleh bersama para Komisioner Baznas, Jum’at(26/8) di lantai 6 Menara Pemkab Barru.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dari laporan Pihak BPBD Barru melalui Sekretaris BPBD, Hartawan menyatakan ada 116 rumah warga yang tersebar di empat kecamatan di kabupaten Barru mengalami kerusakan akibat bencana alam pada periode 2021.

Secara rinci dilaporkan Hartawan bahwa terbanyak rumah warga yang rusak akibat bencana alam ketika itu terjadi di kecamatan Barru yakni 43 rumah, kemudian di Soppeng Riaja ada 40 unit rumah, 30 rumah di kecamatan Tanete Rilau dan 3 di kecamatan Balusu.

“Penyerahan bantuan berupa uang tunai kepada korban bencana alam diserahkan sesuai besaran dampak kerusakan dari masing-masing rumah warga,” ujar Hartawan.

Bupati Barru Suardi Saleh dalam sambutannya menyatakan bantuan dari Pemkab bekerjasama dengan Pihak Baznas merupakan bentuk kepedulian pemerintah dan Baznas kepada para warga yang menjadi korban bencana alam.

Pemkab bersama Baznas, kata Suardi berharap bantuan ini dapat memberi manfaat kepada warga yang menjadi korban bencana alam. “Meski nilai bantuan ini belum sesuai harapan dari besarannya, namun inilah bentuk kepedulian Pemkab Barru bersama Baznas,” ujar Suardi.

Suardi juga meminta maaf kepada para warga penerima bantuan karena terlambat dilakukan penyerahan. “Tetapi yang paling penting, para warga benar-benar dapat merasakan manfaat dari bantuan tersebut. Semoga kita semua bisa terhindar dari bencana alam,” urainya.

Penyerahan bantuan ini dihadiri pihak Komisioner Baznas H Minu Kalibu bersama H Kaharuddin dan Wakil Ketua DPRD Barru H Kamil Ruddin dan para perwakilan warga penerima bantuan bencana alam ini.( Udi)