ikut bergabung

Cegah Paham Radikalisme, Perempuan Diajak Viralkan Perdamaian Lewat Medsos


FKPT. Suasana kegiatan Perempuan Top Viralkan Perdamaian yang digelar FKPT Sulsel di Baruga Karaeng Galesong Pemkab Gowa. (foto/ist)

Sulsel

Cegah Paham Radikalisme, Perempuan Diajak Viralkan Perdamaian Lewat Medsos

GOWA, UJUNGJARI.COM — Kaum perempuan adalah komunitas terbesar yang rentang terpapar virus berbagai informasi, baik informasi positif maupun negatif. Bahkan diklaim jika komunita perempuan lah yang paling banyak berinteraksi di internet dan sebagai pengguna medsos terbesar.

Karena itu potensi perempuan perlu diberdayakan sebagai komunita terbaik melayangkan informasi-informasi positif ke masyarakat. Bahkan sebagai media pencegah atau figur antisipatif dalam menghalang atau membatasi penyebaran paham-paham radikalisme di tengah masyarakat.

Karena sebagai pengguna medsos terbesar saat ini sehingga perempuan diajak untuk berperan aktif memviralkan perdamaian atau memviralkan ajakan-ajakan kepada masyarakat untuk tidak mudah terpropaganda oleh paham-paham yang tak jelas khususnya paham radikalisme serta terorisme.

Hal ini dipaparkan Prof Dr Farida Patittingi selaku Kepala Bidang Perempuan dan Anak Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sulsel dalam kegiatan Perempuan Top Viralkan Perdamaian (perempuan teladan optimis dan produktif viralkan perdamaian) yang berlangsung di Baruga Karaeng Galesong Pemkab Gowa, Kamis (11/8) siang.

Farida mengatakan, persentase perempuan pengguna medsos itu banyak. Sehingga diharapkan bagaimana perempuan bisa memviralkan perdamaian di medsos.

” Keberpengaruan perempuan itu luar biasa. Sehingga dapat dipastikan setiap perempuan yang gunakan internet adalah pengguna medsos terbaik. Namun tidak semua informasi bisa dia (perempuan) manifestasikan positif sehingga potensi menghasilkan hal buruk. Karena itu, perempuan pun diklaim cukup rentang terkena terpaan radikalisme, ” papar Farida yang juga adalah Wakil Rektor Unhas ini.

Baca Juga :   Di Hadapan 11 Panelis KIPP, Bupati Pinrang Paparkan Program UMKM Pemerataan dari Hulu Ke Hilir

Farida pun menilai, jika perempuan memiliki kecakapan digital itu, maka perempuan diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada masyarakat untuk cegah berkembangnya virus radikalisme di masyarakat.

” Jadilah perempuan teladan yang top dalam memviralkan perdamaian. Mari bantu pemerintah cegah perluasan paham radikalisme di tengah masyarakat, baik secara langsung di lingkungan tempat tinggal, hingga dunia medsos, ” ajak Farida.

Kegiatan ini diikuti peserta berasal dari kalangan perempuan berbagai profesi antara lain ormas perempuan, mahasiswi, pelajar, jurnalis perempuan, guru tokoh agama perempuan dan profesi lainnya seperti organisasi Bhayangkari, Persit serta organisasi perempuan lainnya.

Ketua FKPT Sulsel Dr KH Muammar Muhammad Bakry mengatakan selama ini paham radikalisme dan terorisme mengalir mulus di masyarakat. Hal itu disebabkan banyaknya pihak memberikan pemahaman yang keliru dan didasari oleh paham agama yang rendah.

dibaca : 49

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top