ikut bergabung

Patut Ditiru Daerah Lain, di Luwu Timur Bayi Lahir Langsung Dapat Akta Kelahiran


AKTA LAHIR. Pemkab Luwu Timur memiliki layanan inovasi bayi lahir langsung dapat akta kelahiran.

Berita

Patut Ditiru Daerah Lain, di Luwu Timur Bayi Lahir Langsung Dapat Akta Kelahiran

MALILI,UJUNGJARI.COM–Pemerintah kabupaten Luwu Timur memiliki inovasi layanan administrasi kependudukan yang layak ditiru daerah lain di Indonesia. Di daerah ini, masyarakat dengan mudah memiliki akte kelahiran. Sebab bayi yang lahir langsung menerima akte lahir dari pemerintah setempat.

Inovasi layanan administrasi kependudukan Luwu Timur ini dikenal dengan program “Balada Capil”, bayi lahir langdung dapat akta kelahiran. Selain mendapat akta, nama bayi bersangkutan juga langsung dimasukkan dalam kartu keluarga milik orang tua bayi serta Kartu Ibu dan Anak (KIA) untuk layanan Posyandu.

Hal tersebut dibuktikan saat tim Balada Capil mengantarkan Akta Kelahiran, KIA dan KK untuk seorang bayi bernama Muhammad Alfarizki putra pasangan Ayah Asdar dan Ibu Evi Tamala yang lahir di Clinik Charisma Medika, Jl. Soekarno Hatta, Kecamatan Malili, Minggu 31 Juli 2022.

Clinik Charisma Medika salah satu clinik yang menyediakan pemeriksaan dokter umum dan persalinan 24 jam. Clinik ini juga sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Sejatinya program inovasi ini sudah dilakukan pemerintah kabupaten Luwu Timur sejak September 2019 lalu. Kepala Bidang Catatan Sipil, Rosmala kembali mengungkapkan tujuan program ini agar masyarakat dengan mudah mendapatkan dokumen kependudukan seperti KK, Akta Kelahiran dan Kartu KIA tanpa harus datang ke Kantor Dinas Dukcapil.

“Jadi bayi lahir langsung dapat akta lahir dan kartu KIA,” bebernya, Senin (01/08/2022).

Baca Juga :   Danrem 142/Tatag Kunjungi Kodim Pasangkayu

Ia mengungkapkan bahwa, saat ini pihaknya terus memburu target nasional. “Ada target nasional yang kami buru yakni dari umur 0 sampai 17 tahun. Insha Allah tahun ini bisa kita capai target tersebut,” bebernya.

Rosmala menambahkan, selain Balada Capil, banyak lagi pelayanan yang timnya lakukan yakni pelayanan langsung dan pelayanan stel sel aktif.

“Kami berharap kepada masyarakat agar inovasi ini tetap berjalan, karena inovasi ini sangat membantu masyarakat. Masyarakat cukup menyediakan beberapa persyaratan, dan Tim Balada Capil akan langsung mebawakan dokumen kependudukan anda,” jelas Kabid Capil.

Bagi ibu yang baru bersalin, pengurusan akta kelahiran, KK dan KIA sangat mudah. Cukup menyiapkan surat keterangan lahir dari rumah sakit atau Puskesmas, fotokopy buku nikah/akta perkawinan atau mengisi SPTJM data suami istri bagi yang tidak memiliki buku nikah, fotokopy KTP orang tua dan KK asli.

Setelah lengkap, dokumen dilaporkan ke pihak RS/PKM untuk mengisi formulir permohonan, selanjutnya pihak RS/PKM yang akan melaporkan ke Disdukcapil agar segera diterbitkan. (rud)

dibaca : 49



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top