ikut bergabung

Bupati Banyumas Ngaku Dapat Banyak Inspirasi dari Gowa


SALUT. Bupati Banyumas Achmad Husein bersama istrinya Erna Husein mengaku salut dengan pengembangan PAUD di Gowa. (foto/ist)

Sulsel

Bupati Banyumas Ngaku Dapat Banyak Inspirasi dari Gowa

GOWA, UJUNGJARI.COM — Sistem pendidikan anak usia dini (PAUD) yang selama ini berhasil dikembangkan di Kabupaten Gowa secara maksimal akhirnya mengundang Bupati Banyumas Achmad Husein untuk mengurek strategi yang diterapkan Pemkab Gowa dalam pengembangan program PAUD ini.

Bersama istrinya, Erna, Bupati Banyumas yang berkunjung ke Gowa didampingi beberapa pejabat dan pengurus PAUD Banyumas, Jumat (29/7/2022) pagi di Baruga Karaeng Pattingaloang Pemkab Gowa, disambut hangat Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni bersama Sekretaris Kabupaten Gowa Kamsina dan istri Bupati Gowa Priska Paramita Adnan sekaligus Bunda PAUD Kabupaten Gowa.

Dalam kunjungan kerjanya di Butta Gowa tersebut, Achmad mengatakan, studi komparatif yang dilalukannya terkait pendirian PAUD di wilayahnya ini masih butuh beberapa masukan dan referensi, dan itu diharapkan diperoleh dari Kabupaten Gowa.

Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni mengatakan, kunjungan Bupati Banyumas ini ke Gowa dinilainya tepat. Alasan Rauf karena Pemerintah Gowa memang menjadikan pendidikan sebagai salah satu program prioritas.

“Kabupaten Gowa ini merupakan salah satu daerah yang fokus pada pengembangan pendidikan. Bahkan Kabupaten Gowa sudah mencanangkan diri sebagai Kabupaten Pendidikan di Sulawesi Selatan,” kata Wabup Gowa.

Rauf menyebutkan ada beberapa program Pemkab Gowa di bidang pendidikan, yakni pendidikan gratis, sistem kelas tuntas berkelanjutan, investasi SDM seperempat abad, PAUD serta sanggar pendidikan anak saleh (SPAS) yang sudah ada di setiap desa dan kelurahan di Kabupaten Gowa.

Baca Juga :   Kemendagri Tolak Usulan Mutasi Plt. Gubernur Sulsel

“Pendidikan PAUD formal kami sebanyak 272 lembaga, yang non formal 201 lembaga. Kemudian yang pendidikan PAUD berstatus negeri sebanyak 22 lembaga dan satu SKB. SKB ini mulai beralih ke negeri pada tahun 2019 itu dengan bantuan World Bank,” jelas Rauf.

Sementara khusus jumlah peserta didik PAUD non formal dan formal di Gowa sebanyak 13.935 anak. Jumlah ini terdiri dari formal sebanyak 10.366 orang sedangkan non formal 3.559 orang. Satu keunggulan yang dimiliki Pemkab Gowa karena lokasi pendirian PAUD sudah dihibahkan dan disertifikatkan oleh Pemkab Gowa.

Khusus tenaga pendidik dan tenaga kependidikan atau PTK formal kami sebanyak 955 orang kemudian non formal 492 orang. Sementara jumlah PTK PNS kami sebanyak 246 orang.

Mendengar penjelasan detil Wabup Gowa terkait pengembangan PAUD di Gowa ini membuat Bupati Banyumas Achmad Husein mengaku kagum. Achmad mengatakan, dirinya pun tak salah memilih Gowa sebagai lokus studi komparatifnya untuk mengembangkan PAUD di Banyumas.

dibaca : 190

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top