ikut bergabung

Poros Tabbinjai Longsor, Satu Motor Tertimpa, Tak Ada Korban Jiwa


LONGSOR. Sejumlah warga Pattallassang yang sempat melarikan diri meninggalkan rumahnya saat longsor terjadi. (foto/ist)

Sulsel

Poros Tabbinjai Longsor, Satu Motor Tertimpa, Tak Ada Korban Jiwa

GOWA, UJUNGJARI.COM — Hujan yang terus mengguyur di hulu tepatnya di wilayah Kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa dalam beberapa hari ini mengakibatkan longsor di kawasan Dusun Pattallassang, Desa Tabbinjai, Kamis (21/7/2022) sekira pukul 19.00 Wita.

Kejadian longsor ini membuat masyarakat sekitarnya sempat panik. Puluhan orang warga sekitar titik longsor lari mencari tempat aman. Mereka menyebar di sebuah masjid dan rumah warga yang lebih aman.

Para warga ini sempat mengungsi beberapa menit meninggalkan rumahnya karena khawatir material longsor ikut merembes ke rumah. Namun ternyata material longsoran hanya menutupi badan poros jalan hingga belasan meter. Karenanya, begitu kondisi aman dan hujan reda, warga pun balik ke rumah masing-masing.

Dari bencana longsor ini tidak ada korban jiwa baik manusia maupun ternak. Yang tertimpa material longsoran hanya satu unit sepeda motor milik warga yang telah ditinggalkan pemiliknya sesaat longsor terjadi.

Kejadian longsor ini dibenarkan Kepala Desa Tabbinjai Subair. Saat dikonfirmasi sekira pukul 23.00 Wita, Subair mengatakan, kondisi terkini sudah membaik, meski material longsor masih menutup badan jalan.

” Perlu kami sampaikan bahwa Alhamdulillah tidak adaji korban jiwa maupun rumah yang tertimpa. Dan warga juga sudah kembali ke rumah masing-masing. Untuk sementara askes jalan masih tertutup sehingga arus lalulintas dari Dusun Pattallassang ke dusun lain masih sulit. Kita tunggu sampai besok baru kita lakukan kerja bakti membersihkan material longsor karena sekarang sudah malam dan hujan masih turun, ” kata Subair.

Baca Juga :   Ini Ciri-ciri Tiga Pelaku Perusak Mobil Patroli Satsabhara Polres Gowa

Terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa Ikhsan Parawansa yang dihubungi ujungjari.com malam ini menjelaskan bahwa memang terjadi longsor di wilayah Kecamatan Tombolopao tepatnya di Tabbinjai, namun untuk pengungsian tidak berlangsung lama sebab semua warga yang berada di dekat titik longsor langsung menghindar ke tempat yang lebih aman.

” Sebenarnya mereka tidak mengungsi dalam waktu lama, mereka cuma mencari tempat yang aman setelah itu kembali lagi ke rumahnya. Jadi longsoran hanya mengenai badan jalan sehingga akses jalan desa tidak bisa dilalui untuk saat ini (malam). Rencana besok baru bisa dibersihkan karena kejadiannya juga baru saja, yah sekitar setelah habis waktu Isya,” jelas Ikhsan.

Ikhsan mengatakan, pas kejadian longsor, masyarakat kaget dan sempat lari ketempat-tempat yang dirasa aman. Dan sekarang para warga sudah kembali ke rumahnya dan sekarang kondisi longsoran sudah kondusif.

dibaca : 82

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top