ikut bergabung

Genjot Pengembangan Desa Wisata, Wabup Asman Tekankan Bangun Kemitraan


Sulsel

Genjot Pengembangan Desa Wisata, Wabup Asman Tekankan Bangun Kemitraan

ENREKANG, UJUNGJARI.COM — Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Pemkab Enrekang kerjasama Politeknik Pariwisata menggelar kegiatan Pengembangan Destinasi Pariwisata di Desa Wisata, di Pendopo Rujab Bupati, Selasa (29/6/2022).

Kegiatan tersebut digagas anggota DPR RI Mitra Fakhruddin bersama Direktur Politeknik Pariwisata Muhammad Arifin.

Kegiatan itu juga menghadirkan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Eddy Susilo.

Adapun peserta dari kegiatan tersebut, kepala desa se kabupaten Enrekang, komunitas/pengelola Pariwisata dan Duta wisata kabupaten Enrekang.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Ahmad Faisal dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari, yang dicanangkan oleh anggotan dewan RI Komisi X Mitra Fakhruddin.

“Mulai hari Jumat kita lakukan rangkaian kegiatan ini dengan menghadirkan pentahelix ekonomi kreatif mulai dari teman-teman difabel, kuliner dipatetekan, hari kedua menghadirkan pelaku bisnis pariwisata melalui HPMI,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Enrekang Asman dalam sambutannya mengatakan harus ada kolaborasi antara sektor pemerintah pusat, daerah, hingga desa sebagai komitmen untuk memajukan sektor pariwisata desa.

“Kunci pengembangan destinasi wisata di desa yaitu bermitra, itu yang kita tunjukan hari ini, jadi untuk desa dan camat mohon disimak kiat-kiat pemaparan dari Direktur Politeknik Pariwisata nantinya,” kata Asman.

Asman mengatakan pemerintah daerah telah mendorong bagaimana perbaikan infrastruktur jalan yang berdampak juga dengan sektor pariwisata nantinya.

Baca Juga :   Pencuri Beraksi di Ruko Pagodam, Gasak Perhiasan Emas Rp30 Juta Milik Owner Warkop Ujung 

“Pemerintah daerah telah mendorong perbaikan infrastruktur jalan sudah berprogres hingga 85-90 persen,” ucapnya.

Sejalan dengan hal tersebut Mitra Fakhruddin dalam sambutannya mengatakan pariwisata merupakan salah satu sektor investasi jangka panjang yang menguntungkan.

“Jika berbicara potensi sektor pariwisata, ini merupakan investasi jangka panjang yang tidak ada pernah habisnya dan selalu meningkat tiap tahunnya.” ucapnya.

Lanjut Anggota DPR RI Komisi X ini berharap melalui program yang disinergikan tersebut dapat membawa kemajuan pariwisata Enrekang kedepannya.

“Harapan saya melalui kegiatan ini dapat melahirkan ide dan gagasan dalam pengembangan pariwisata kita kedepan,” harapa dia.

Pada kegiatan tersebut dilakukan juga penyerahan secara simbolis serah terima dukungan sarana prasarana kebersihan yang diberikan kepada desa wisata. (suka)

dibaca : 62



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top