ikut bergabung

Usai Dikukuhkan, Anggota Saka Wanabakti Gowa Tanam Ribuan Pohon di Topidi


TANAM. - Para pengurus Dewan Saka Wanabakti setelah pelantikan dan saat menyebar menanam bibit pohon. (foto/ist)

Sulsel

Usai Dikukuhkan, Anggota Saka Wanabakti Gowa Tanam Ribuan Pohon di Topidi

GOWA, UJUNGJARI.COM — Puluhan anggota Pramuka dari Saka Wanabakti melakukan kegiatan penanaman pohon di hutan produksi di Lingkungan Topidi, Kelurahan Bontolerung, Kecamatan Tinggimoncong.

Sebanyak 6.200 bibit tanaman pohon ditanam seperti pinus, sengon, alpukat, mahoni serta eucalyptus. Penanaman ini serentak dilakukan pada hari akhir temu silaturahmi sekaligus pengukuhan dan pelantikan pengurus Dewan Saka Wanabakti Kwarcab Gowa yang digelar tiga hari di Malino Kecamatan Tinggimoncong, 24-26 Juni 2022.

Pelantikan dan pengukuhan pengurus Dewan Saka Wanabakti di Mess Kehutanan Malino ini, dilakukan oleh Ketua Saka Wanabakti Kwarcab Gowa yang juga Kasi Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan KPH Jeneberang Muhammad Sulaiman. Prosesi pelantikan itupun dihelat secara upacara dan Saifuddin Mansur selaku Ketua Mabi Saka Wanabakti Kwarcab Gowa yang juga Kepala KPH Jeneberang Dinas Kehutanan Sulsel sebagai Irup.

Dihadapan para pengurus Dewan Saka Wanabakti, Ketua Saka Wanabakti Kwarcab Gowa Muhammad Sulaiman mengharapkan agar para pengurus Dewan Saka Wanabakti dapat menimba ilmu lebih baik dan melaksanakan kegiatan nyata, produktif dan bermanfaat terhadap pelestarian Hutan dan sumberdaya alam.

” Mari kita memupuk semangat dan jiwa kepramukaan yang cinta alam dan rimba raya dengan memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan khusus di bidang kehutanan serta menanamkan rasa cinta dan tanggung jawab dalam mengelola sumberdaya alam ini,” kata Muhammad Sulaiman.

Baca Juga :   Soal Aksi Demonstran, Andi Utta: Kalau Disepakati Sipakallebi Itu Lebih Baik

Sementara itu Ketua Mabi Saka Wanabakti Kwarcab Gowa Saifuddin Mansyur mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, kecakapan dan latihan di bidang kehutanan bagi peserta, agar lebih tertarik dan mencintai hutan, kemudian kelak dapat menjadi kader kehutanan dan menjadi anggota Dewan Saka Wanabakti.

Terpisah, Mardiyanto selaku Sekum Saka Wanabakti Kwarcab Gowa mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada jajaran KPH Jeneberang yang selama ini telah mengembangkan Kepramukaan Saka Wanabakti di Gowa.

Dikatakannya, dalam kegiatan ini, kepanitiaan menggelar tiga hari dengan agenda pemberian materi lalu pengukuhan dan pelantikan dan hari terakhir penanaman bibit pohon.

” Ada 30 peserta dalam kegiatan ini dan didominasi siswa siswi SMA sederajat. Jadi selama tiga hari ini ada beberapa agenda yang pertama pemaparan dilanjut pengukuhan serta pelantikan dan ketiga adalah penghijauan atau penanaman. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan para pramuka Saka Wanabakti khususnya di bidang kehutanan, melatih fisik, mental serta kemandirian anggota Saka Wanabakti., ” kata Mardiyanto. –

dibaca : 51



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top