ikut bergabung

Tujuh Cabor Unggulan Akan Dipertandingkan di Popda Sulsel, Arwin: Ajang Atlet Bertalenta


Andi Arwin Azis.

Olahraga

Tujuh Cabor Unggulan Akan Dipertandingkan di Popda Sulsel, Arwin: Ajang Atlet Bertalenta

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Setelah sempat tertunda karena pandemi Covid-19, Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) se Sulawesi Selatan kini akan dihelat pada 21 Juni 2022. Popda ini akan berlangsung hingga 24 Juni dengan mempertandingkan tujuh cabang olahraga yakni atletik, karate, pencak silat, sepak takraw, anggar, panahan, dan bulu tangkis.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Andi Arwin Azis, Kamis (16/6) siang mengatakan, dalam multi event pelajar dua tahunan ini, panitia Popda menyiapkan sebanyak 223 keping medali yang bakal diperebutkan para pelajar dari tujuh cabor yang dibuka.

“Jumlah cabor Popda tidak banyak karena disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Cabor yang dipertandingkan merupakan cabor unggulan di Sulsel,” kata Arwin.

Arwin menyebutkan, dari total 24 kabupaten kota, hingga kini sudah 21 daerah yang memastikan akan mengirimkan kontingennya ikut Popda. Diapun berharap sisa kabupaten kota lainnya bisa ikut ambil bagian.

Popda, kata Arwin adalah bagian dari proses persiapan menuju Prapopnas 2022 di Kaltim dan Popnas XVI 2023 di Palembang-Babel. Selain itu, event olahraga tersebut juga sebagai ajang penelusuran kader potensial (talent scouting) untuk mencari talenta atlet berprestasi. Nantinya mereka bisa dikembangkan dalam jangka panjang. Mengingat usia pelajar merupakan sasaran pembibitan atlet.

“Ini bagian persiapan kita dalam rangka merekrut atlet potensial di usia pelajar. Apabila ada bibit unggul di ajang Popda ini, mereka bisa mewakili Sulsel pada ajang nasional tingkat pelajar,” tambah Arwin.

Baca Juga :   Atlet Bulutangkis Dapat 'Amunisi' dari PBSI Gowa

Arwin juga menuturkan, gelaran Popda nanti akan menempati sejumlah venue yang sebagian besar berlokasi di Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar. Diantaranya, Lapangan Atletik Madya Sudiang untuk cabor atletik sekaligus menjadi lokasi pelaksanaan pembukaan Popda.

Kemudian GOR Sudiang akan menjadi venue dua cabor sekaligus yakni karate dan anggar. Cabor panahan akan berlangsung di PPLP Dispora Sulsel. Selanjutnya, bulutangkis digelar di GOR Bulutangkis Dafest dan sepak takraw akan berlangsung di Hall Takraw SMA Negeri Khusus Keberbakatan Olahraga (SMANKO) Sudiang. –

dibaca : 43



Komentar Anda

Berita lainnya Olahraga

Populer Minggu ini

Arsip

To Top