ikut bergabung

Andi Utta Lepas Jamaah Calon Haji dan Kafilah MTQ


Sulsel

Andi Utta Lepas Jamaah Calon Haji dan Kafilah MTQ

BULUKUMBA, UJUNGJARI.COM —  Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf melepas secara resmi jamaah calon haji kabupaten Bulukumba tahun 2022. Selain itu, Bupati Andi Utta juga mengukuhkan pengurus Masjid Islamic Center Dato Tiro (ICDT) Bulukumba, dan melepas kontingen kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, di Masjid ICDT, Senin 13 Juni 2022.

Kepala Kantor Kementerian Agama, HM Yunus mengatakan jumlah jamaah calon haji tahun 2022 ini menurun dari tahun 2019 sebelumnya sebanyak 432 orang akibat kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi yang melakukan pembatasan.

“Jumlah jamaah calon haji Bulukumba sebanyak 185 orang ditambah 1 ketua Kloter. Jamaah laki-laki sebanyak 55 orang dan jumlah wanita 131 orang,” ungkapnya.

Pihaknya bersama pemerintah daerah, lanjut Yunus akan memfasilitasi pembiayaan pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji dari Bulukumba ke Asrama Haji di Makassar.

Selanjutnya terkait rombongan kafilah MTQ, Yunus melaporkan jumlah peserta yang mengikuti lomba MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Bone sebanyak 55 orang ditambah dengan official sebanyak 45 orang.

Berdasarkan pengalaman mengikuti MTQ Tingkap Provinsi sebelumnya, bahwa peserta selama ini hanya menginap di rumah penduduk, namun MTQ kali ini, para peserta diberikan fasilitas menginap di hotel.

“Olehnya itu, kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati dan seluruh masyarakat Bulukumba,” ungkapnya.

Baca Juga :   Nominasi IAI 2019, Dewan Juri Apresiasi Pembangunan Infrastruktur Parepare

Dikatakan bahwa para peserta telah dikarantina atau mengikuti training center selama dua hari tiga malam untuk mencapai hasil dan prestasi yang maksimal.

Saat menyampaikan sambutannya, Andi Utta sapaan akrab Bupati Bulukumba berbagi tips dan pengalaman dengan jamaah calon haji Bulukumba di tanah suci Mekkah. Bupati berlatar pengusaha ini mengaku telah melaksanakan ibadah haji pada tahun 2004, dan melakukan umrah puluhan kali.

“Hampir setiap tahun saya berangkat umrah, namun karena pandemi ini sudah dua tahun tidak berangkat,” bebernya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa tentu ada perasaan bahagia oleh karena untuk pertama kalinya Jamaah Haji Indonesia dan Kabupaten Bulukumba sudah dapat berangkat ke tanah suci setelah dua tahun sebelumnya tertunda akibat pandemi Covid-19. Ia pun mengingatkan mengingatkan kepada seluruh jama’ah calon haji untuk senantiasa memelihara kebersamaan.

“Harus jaga fisik dan kesehatan, juga saling membantu dan saling mengingatkan, sipakatauki, sipakalebbiki,” pintanya.

dibaca : 68

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top