ikut bergabung

Bupati Barru Kumpul Stakeholder Teken Komitmen Percepatan Stunting


FOTO/IST: Bupati Barru Suardi Saleh bersama Ketua DPRD Lukman,T, Ketua TP PKK Barru Hj Hasnah Syam hadir dalam Aksi Rembuk Penanganan Penurunan Stunting di lantai II Bapelitbangda Barru, Senin(13/6).

Sulsel

Bupati Barru Kumpul Stakeholder Teken Komitmen Percepatan Stunting

BARRU, UJUNGJARI.COM — Bupati Barru Suardi Saleh menggandeng sejumlah stakeholder untuk mengurangi angka stunting di kabupaten Barru.

Sebagai legitimasi dari upaya ini, maka dilakukan penandatanganan komitmen bersama dari Bupati Barru Suardi Saleh dan Ketua DPRD Barru Lukman T bersama semua Stakeholder demi percepatan Penanganan Penurunan Stunting di daerah ini.

Mulai dari unsur Forkopimda, Sekda, Kepala OPD bersama segenap Penanggungjawab Wilayah Tingkat Camat, Lurah/Desa ikut membubuhkan tanda tangan dilembar Komitmen bersama di lantai II Bappelitbangda Barru, Senin (13/6).

Fakta prevalensi stunting Barru  2021 masih diangka 26,4 persen  berdasarkan data SSGI (Studi Status Gizi Indonesia) sedangkan target nasional sebesar 14 persen yang tercantum dalam RPJMN 2020-2024.

“Untuk mencapai target ini dalam dua tahun, kerja kolaborasi adalah kunci keberhasilan, karena intervensi percepatan penurunan stunting, baik itu intervensi gizi spesifik maupun intervensi gizi sensitif memiliki kontribusi sebesar tujuh puluh persen, dalam upaya penurunan stunting,” ucap Suardi.

Penanganan stunting menjadi prioritas perhatian Pemda Barru setelah berhasil mendapatkan predikat Kabupaten Kota Sehat selama dua tahun berturut-turut.

Pada momen ini pula, Inovasi organisasi perangkat daerah diperkenalkan ke masyarakat Barru, sebagai rangkaian narasi besar penanganan stunting.

“Kita juga minta agar Pokja PKK membantu untuk membuat makanan pendamping ASI, Kami dari PKK mencoba membuat inovasi dengan membuat makanan tambahan bagi anak-anak dibawah dua tahun, yang terbuat dari telur selama dua bulan,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Barru, drg. Hj. Hasnah Syam MARS.

Baca Juga :   Vokal Grup Wijanna Nene Mallomo Tampil Memukau di Pelantikan PD KeBugis Kendari

Salah satu pimpinan Tim Pelaksana Percepatan Penanganan Stunting  2022 ini, menyebut inovasi yang dilakukan bertujuan untuk memenuhi amanah dari Kementerian Kesehatan yang meminta Tim Penggerak PKK disemua level untuk mengambil peran dan bahu membahu bersama Pemerintah mewujudkan peningkatan kesejahteraan keluarga melalui program pengentasan Stunting.

Ada beberapa Inovasi OPD lainnya yang diperkenalkan pada Rembuk Stunting, seperti Inovasi Pede Makessing (Pemerintah Desa dan Masyarakat Cegah Stunting) dari DPMD, PPKB, dan PPPA yang mengalokasikan dana dalam APBDes dan kolaborasi KPM dan Tim Pendamping Keluarga.

Wisata Posyandu dari Dinas Kesehatan yang merupakan upaya memassifkan inovasi yang pernah memenangkan lomba inovasi tingkat Provinsi Sulsel agar diselenggarakan massif, berbasis layanan yang didesain khusus melayani Posyandu gunakan pendekatan dunia bermain anak-anak.

dibaca : 59

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top