ikut bergabung

Diperjuangkan JRM, Buntu Kandora Keciprat Bantuan Pemprov Sebesar Rp3 Miliar


Sulsel

Diperjuangkan JRM, Buntu Kandora Keciprat Bantuan Pemprov Sebesar Rp3 Miliar

MAKALE, UJUNGJARI.COM –Destinasi baru pariwisata Tana Toraja kawasan wisata Buntu Kandora di Lembang Palipu, Kecamatan Mengkendek keciprat anggaran infrastruktur tahun ini dari pemerintah provinsi Sulsel.

Nilainya mencapai Rp3 miliar. Anggaran ini akan dialokasikan untuk pembangunan jalan dan fasilitas lainnya yang mendukung destinasi ini.

Anggaran tersebut merupakan aspirasi anggota DPRD Provinsi Sulsel, Fraksi Golkar, John Rende Mangontan (JRM) untuk mendukung bergairahnya kembali pariwisata dan ekonomi masyarakat Tana Toraja pasca dua tahun mati suri lantaran badai pandemi Covid-19.

Warga dan Kepala Lembang Palipu Samuel Manukrante berharap pembangunan infrastruktur jalan maupun fasilitas pendukung lainnya Buntu Kandora tanpa kendala dan berjalan lancar serta selesai tepat waktu tanpa mengabaikan kualitas.

JRM menegaskan, Jumat (3/6) kemarin kepada warga setempat dan pemuda milenial saat reses Masa Sidang III Tahun 2021-2022 di Tongkonan Biang Palipu dihadiri Patarai GS Burhan, Kepala Bidang Destinasi dan Tata Kelola Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel.

Menurut JRM, obwis Buntu Kandora sejuta pesona keindahan alam, tahun depan masih mendapat kucuran anggaran lanjutan Rp 7 miliar, sebab punya daya tarik sendiri jika keunikan Buntu Kandora dipadukan dengan kearifan lokal, budaya dan adat, serta komoditi unggulan Toraja, membuat nilai jual Buntu Kandora beda dari obwis lainnya.

“Apalagi hari ini konsultan perencana langsung meninjau lokasi dan Identifikasi rencana tindakan dengan harapan hadirnya Buntu Kandora destinasi obwis baru tingkatkan devisa Toraja. Karena itu jangan pernah capek dan lelah terus berpikir kemajuan pariwisata daerah ini,” ujar JRM.

Baca Juga :   Gubernur Andi Sudirman Resmikan Jembatan Andalan Pacongkang Soppeng

Meski demikian warga setempat seyongyanya sudah siap hadapi dan terima perubahan di Buntu Kandora dengan mempersiapkan diri lebih mandiri gali potensi disekitar Buntu Kandora wujudkan pertumbuhan ekonomi lebih baik.

Salah satunya pengwilayahan komoditas dan komoditi sesuai zona pertanian unggulan.

Meski demikian, pembangunan Buntu Kandora tugas dan tanggungjawab bersama, pemuda milenial harusnya memberi atensi dan partisipasi sebagai garda terdepan sekaligus menjawab pemuda juga bisa.

Ditambahkan Kepala Lembang Palipu, Semuel Manukrante, kami mendukung penuh pembangunan obwis Buntu Kandora. Tentu sebagai pemerintah setempat memberi jaminan pembangunan berkelanjutan Buntu Kandora berjalan lancar sesuai harapan, singkat Semuel.

dibaca : 85

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top