ikut bergabung

Ganjar Pranowo Puji Sultan Hasanuddin dan Adnan, Pemimpin Berusia Muda yang Energik


ZIARAH. Gubernur Jawa Tengah sekaligus Ketum Kagama Ganjar Pranowo saat berziarah di Makam Raja Gowa ke 16 Sultan Hasanuddin di Katangka Gowa. (foto/ist)

Berita

Ganjar Pranowo Puji Sultan Hasanuddin dan Adnan, Pemimpin Berusia Muda yang Energik

GOWA, UJUNGJARI.COM — Ganjar Pranowo salut akan prestasi kepemimpinan Adnan Purichta Ichsan sebagai Bupati Gowa yang tidak hanya sarat dengan ide-ide brilian tapi juga karena usia Adnan yang memang masih muda, baru 36 tahun.

Keenergikan Adnan ini pun dipersamakan dengan tipe kepemimpinan Raja Gowa ke XVI Sultan Hasanuddin yang bergelar Ayam Jantan dari Timur. Gelar Ayam Jantan dari Timur ini bukan sekadar slogan tapi karena memang kegigihan dan kecerdasan Sultan Hasanuddin saat memerintah di zaman Kerajaan Gowa dulu sangat ditakuti oleh Belanda. Padahal usai Raja Gowa tersebut masih sangat muda dan memimpin Kerajaan Gowa selama 17 tahun. Namun karena prinsip dan ketegasan Sultan Hasanuddin membuat Belanda pun tak berani bertindak macam-macam.

Sosok ketegasan dalam memimpin inilah yang dipersamakan Ganjar kepada Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. Gubernur Jawa Tengah ini sangat mengagumi budaya Gowa sehingga dia bersama Kagama (Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada) menjadikan Kabupaten Gowa sebagai lokasi kunjungan Kagama di Sulsel, Sabtu (7/5/2022) pagi.

Di Gowa, ada empat titik yang dikunjungi Ketua Umum Kagama ini. Selain Makam Sultan Hasanuddin di Kelurahan Katangka, Ganjar bersama rombongan juga mengunjungi Masjid Tua Katangka, Kampung Rewako Jenetalasa di Pallangga dan Museum Istana Balla Lompoa di Sungguminasa.

Selama berada di Gowa, Ganjar Pranowo didampingi Adnan Purichta Ichsan bersama istrinya Priska Paramita Adnan selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa.

Baca Juga :   Meriahkan HUT Sulsel 353, Adnan Lepas Kirab Pelajar Rute Gowa-Takalar

Kepada Ganjar sebagai sosok Gubernur Jawa Tengah yang sangat populer di Indonesia saat ini, Bupati Adnan menjelaskan kisah sejarah perjuangan Sultan Hasanuddin menjadi Raja Gowa pada usia yang masih sangat muda dan memimpin Kerajaan Gowa selama 17 tahun. Selain itu Adnan juga menjelaskan bahwa di Kompleks Makam Sultan Hasanuddin ini juga terdapat beberapa Raja yang pernah memimpin Kerajaan Gowa.

Salah satunya yang disebutkan Bupati Gowa yaitu Sultan Alauddin yang merupakan merupakan Raja Gowa ke XIV. Sultan Alauddin ini merupakan Raja Gowa yang pertama kali memeluk Agama Islam.

Sementara itu, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa kedatangannya di Makam Raja Gowa ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerjanya bersama Kagama di Sulawesi Selatan.

Di mata Ganjar Pranowo, Sultan Hasanuddin adalah raja yang sangat menarik karena menjadi pemimpin di usia yang masih sangat muda dan memiliki jiwa patriotisme yang sangat tinggi sehingga ditakuti oleh Belanda.

dibaca : 103

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top