PALOPO,UJUNGJARI.COM–Walikota Palopo, Drs HM Judas Amir, MH bersama keluarga melakukan salat idulfitri 1443 Hijriah di Masjid Agung Kota Palopo, Senin, 2 Mei.

Dalam sambutannya sebelum pelaksanaan salat id, walikota mengajak seluruh masyarakat Palopo agar menguatkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama. Demikian juga dengan ibadah zakat yang telah ditunaikan menjadi pembersih harta dan mensucikan hati dari sifat-sifat tercela.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Ibadah puasa pada bulan Ramadan mengajarkan kita tentang pengendalian diri. Hal ini penting di era digitalisasi dan keterbukaan informasi dengan kemampuan pengedalian diri maka kita mampu menghindarkan diri dari prasangka buruk, perilaku yang suka menyebar fitnah dan berita bohong, menggunjing dan mencela orang lain. Dengan kemampuan pengendalian diri kita lebih mendahulukan upaya klarifikasi, cross check atau tabayyun saat menerima informasi yang tidak diyakini kebenarannya,” katanya.

Salat id di tempat ini dipimpin Imam Ustaz H Syahruddin Ali. S.Ag. Sedangkan khotbah idulfitri disampaikan Dr HM Rusyidi Hasyim. M.Ag.

Dalam penyampaian khutbahnya, Rusyidi memberikan beberapa nasihat untuk jamaah. Di antaranya menjadikan ramadan sebagai bulan pendidikan untuk makin peduli dan menjadi hamba Allah yang mempunyai sifat dermawan.

“Hidup ini hanya sebentar saja, bahwa ketika naungan Allah dibutuhkan, maka yang bisa menaungi manusia adalah sedekah,” kata sang khotib. (nca)