ikut bergabung

Ini Profil Kampung Campaga, Nominasi Anugerah Desa Wisata 2022 dari Bantaeng


Culture

Ini Profil Kampung Campaga, Nominasi Anugerah Desa Wisata 2022 dari Bantaeng

BANTAENG,UJUNGJARI.COM–Sebanyak empat desa atau kelurahan di Sulawesi Selatan (Sulsel) lolos 50 besar Anugerah Desa Wisata (ADWI). Salah satunya adalah Kampung Wisata Campaga di Kelurahan Campaga, Kecamatan Tompobulu, Bantaeng.

Dalam perhelatan ADWI 2022, Kabupaten Bantaeng mengikutkan 42 desa atau kelurahan yang memiliki potensi pariwisata sebagai peserta.

Setelah melalui kurasi oleh tim penilai dari Kemenparekraf, Desa Wisata Campaga berhasil lolos mulai dari 500 besar, 300 besar, 100 besar hingga terakhir 50 terbaik desa wisata tingkat nasional.

Kampung Campaga terletak di Kecamatan Tompobulu. Masuk wilayah pegunungan Bantaeng. Jarak Kelurahan Campaga dari kota Bantaeng, sekitar 15 kilometer atau dapat ditempuh selama 20 menit perjalanan darat. Di sana pengunjung akan dimanjakan dengan wisata alam yang memukau seperti kawasan hutan lindung, air terjun hingga kolam renang.

Yang paling populer adalah kolam renang Erbol. Selain itu, air terjun Simoko dengan alam yang masih natural juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata Bantaeng, Harmoni mengatakan pada ajang ADWI 2022 ini terdapat beberapa peningkatan capaian dari Kabupaten Bantaeng dibandingkan tahun sebelumnya. “Tahun 2021, Kabupaten Bantaeng hanya berhasil mendorong dua desa atau kelurahan sebagai peserta desa wisata,” katanya.

Dan salah satu diantaranya, lanjut dia, yakni Desa Bonto Lojong berhasil masuk 100 besar Nasional.
Sehingga keberhasilan Desa wisata Campaga meraih 50 terbaik akan menjadi penyemangat bagi seluruh stakeholder kepariwisataan di Kabupaten Bantaeng.

Baca Juga :   Wabup dan Forkopimda Bantaeng Ikuti HUT ke-352 Sulsel Secara Virtual

Pemerintah Kabupaten Bantaeng melalui Dinas Pariwisata memang telah menjadikan desa wisata sebagai salah satu prioritas dalam pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Bantaeng. “Harapannya untuk semakin memajukan kepariwisataan Bantaeng,” lanjut dia.

Ia menjelaskan, setelah dinyatakan lolos 50 besar, tim penilai dipimpin langsung Menteri Pariwisata & Ekraf, Sandiaga Uno, akan melakukan kunjungan visitasi ke Desa Wisata Campaga. Untuk itu moment kunjungan ini pun nantinya akan semakin meningkatkan promosi kepariwisataan Bantaeng di tingkat nasional bahkan hingga mancanegara. (pp)

dibaca : 141



Komentar Anda

Berita lainnya Culture

Populer Minggu ini

Arsip

To Top