ikut bergabung

Gelar Pangan Zona IV Barru Tekan Harga Hingga 10 Persen


FOTO/IST: Kadis Ketahanan Pangan, drh Ma'ruf Jamaluddin

Sulsel

Gelar Pangan Zona IV Barru Tekan Harga Hingga 10 Persen

BARRU, UJUNGJARI.COM — Gerakan Gelar Pangan dalam rangka hari besar keagamaan dan Nasional (HBKN) digelar di wilayah Zona IV di Alun-alun Barru selama dua hari. Sejumlah Institusi berkolaborasi Pemkab Barru menghimpun UMKM dalam gelar pasar murah ini.

Gelar Pangan Zona IV menawarkan pasar murah berbagai kebutuhan pokok menyambut ramadhan dan idhul fitri. Diantara kebutuhan pokok (pangan) yang dijual antara lain beras, telur, gula pasir, minyak goreng, daging sapi dan ayam, bawang, cabe dan sejumlah produk UMKM serta kebutuhan lainnya.

Tiga Kepala Dinas Lingkup Pemkab Barru, masing-masing Kadis UMKM, Koperasi dan Perindag, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian menjamin ketersediaan stok bahan pangan dan kebutuhan pokok sejak ramadan hingga pasca idhul fitri.

Seperti diakui Kadis Ketahanan Pangan, drh Ma’ruf Jamaluddin bahwa gelar pangan ini dilaksanakan Zona IV yang diikuti 4 kabupaten kota, namun hanya dua yang berpartipasi yakni Barru dan Pinrang.

Berbagai jenis kebutuhan ditawarkan beberapa produsen, UMKM, pengusaha, dan lembaga penyanggah pangan seperti Bulog ikut berpartisipasi mendukung pasar murah yang dikemas dalam agenda Gelar Pangan yang dibagi dalam beberapa zona ini.

“Pokoknya nilai harga jual stok pangan disini dibawah harga pasar. Sebab harga yang diberlakukan di arena Gelar Pangan  bisa kita tekan dari 5 hingga 10 persen,” ujar Ma’ruf.

Salah satu produsen daging ayam dari PT Bintang  Sejahtera Bersama melalui Bagian Pemasaran, Asbar menyatakan pihaknya sempat memesan stok 600 ekor daging ayam, namun hanya diberi jatah 350 ekor ayam.

Baca Juga :   Sekda: Mari Kita Kerja Ikhlas, dan Sukseskan Plaksanaan Vaksinasi

Kata Asbar semua stok.yang dibawa di arena Gelar Pangan habis terjual. “Mudah-mudahan besok stok daging yang diterima dan bisa dipasarkan disini kembali diserbu pembeli,” ucap Asbar.

Sementara itu Kadis UMKM, Koperasi dan Perindag, Andi Takdir menyatakan Gelar Pasar ini merupakan agenda Pemerintah pusat dan pihak pemerintah daerah ikut mendukung dalam rangka menekan angka inflasi.

“Agenda Gelar Pangan ini merupakan upaya pemerintah dalam menekan terjadinya inflasi agar masyarakat bisa terpenuhi kebutuhannya,” ucap Takdir.(Udi)

dibaca : 47



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top