ikut bergabung

Kadis Pertanian: Petani Lutim Tentukan Jadwal Tanam Lewat Tudang Sipulung


Sulsel

Kadis Pertanian: Petani Lutim Tentukan Jadwal Tanam Lewat Tudang Sipulung

MALILI,UJUNGJARI.COM--Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Luwu Timur kembali menggelar tudang sipulung atau musyawarah tani dalam membahas program dan rencana kerja sektor pertanian.

Tudang sipulung berlangsung di Desa Non Blok, Kecamatan Kalaena, Senin (25/04/2022). Tudang sipulung kali ini sangat istimewa karena dihadiri langsung Bupati Luwu Timur, Budiman dan Pejabat Kepala Dinas Pertanian Sulsel, Kamrah.

Bupati Luwu Timur, H Budiman berharap dari kegiatan Tudang Sipulung ini melahirkan ide dan gagasan yang cemerlang dalam rangka memajukan sektor di daerah ini.

Menurut bupati luas Llahan baku sawah di Luwu Timur seluas 28.036 Ha yang terdiri dari sawah irigasi seluas 25.333,13 Ha, Tadah Hujan seluas 2.657,78 Ha, dan pasang surut 46 Ha. Sementara realisasi tanam padi untuk tahun 2021 seluas 49.194 Ha, Luas Panen 48.953 Ha, dengan jumlah produksi sebanyak 335.545,59 Ton Gabah Kering Panen (GKP) dengan produktivitas rata-rata mencapai 6,85 Ton/Ha, tentu berpeluang untuk ditingkatkan.

Di tempat sama, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Lutim, Amrullah Rasyid menambahkan tudang sipulung dilakukan untuk menentukan awal musim tanam periode April – September.

“Terkadang, kita sudah sepakati bahwa kita akan turun di awal Juni, tetapi ada saja keyakinan-keyakinan petani kita bahwa pada tanggal-tanggal itu ada hal-hal yang tidak sesuai dengan keyakinan. Itulah selama ini sehingga kadangkala mundur pertanaman sampai dua bulan setelah panen. Inilah yang perlu kita bicarakan bersama pada hari ini,” kata Amrullah. (rd)

Baca Juga :   Suarman Terpilih Secara Aklamasi Pimpin IKA SMP Negeri 1 Sinjai

dibaca : 32



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top