ikut bergabung

Di Tepi Danau, di Tengah Hujan, Vetiver Ditanam


Nasional

Di Tepi Danau, di Tengah Hujan, Vetiver Ditanam

Di Hari Bumi 2022 ini, Iluni kembali bekerjasama dengan para pihak, untuk memberi makna serta legacy bagi generasi penerus.

Menurut Andre, UI memiliki relawan yang relatif komplet mulai dari fase pencegahan, tanggap darurat, hingga rehab-rekon.

Kepada almamaternya, Andre berharap suatu saat UI membuka program S1 Ilmu Lingkungan, melengkapi Sekolah Ilmu Lingkungan UI (S2 dan S3) yang sudah ada saat ini.

Andre berdalih, Ilmu Lingkungan ke depan sangat penting, sebab semua program pemerintah maupun swasta, selalu mengedepankan aspek lingkungan.

Aspek Environmental, Social, and Governance (ESG) adalah seperangkat standar operasional yang merujuk pada tiga kriteria utama dalam mengukur keberlanjutan dan dampak dari sebuah investasi pada suatu perusahaan, yang mulai diterapkan pula di pemerintahan.

“Hari ini, memperingati Hari Bumi, di tengah hujan tidak menghalangi kita menanam vetiver. Setidaknya memberi sedikit sumbangsih bagi generasi mendatang dalam ikut menjaga air. Indonesia sebagai presidency G20 juga berperan dalam menggulirkan program untuk menjaga sumber air,” tambah Andre, yang juga mantan Ketua Relawan Satgas Covid-19.

Green Matrix

Sementara itu, Acmad Syafiq yang mewakili Civitas Akademika UI menyambut baik kegiatan tersebut. Kegiatan itu juga paralel dengan UI GreenMetric World University Ranking, yang merupakan inisiatif UI sejak tahun 2010, sebagai bagian dari strategi meningkatkan posisi internasional. Cermin kampus yang peduli kepada lingkungannya.

Baca Juga :   Kado Hari Jadi, Barru Raih Adipura 2022

“Alhamdulillah, UI saat ini termasuk salah satu kampus paling hijau, tidak saja di Indonesia, tapi di Asia Tenggara. Ke depan UI tidak saja sebagai smart campus, tapi juga smart and green campus,” tambahnya.

Hablum Minal Alam

Doni Monardo yang berbicara pada kesempatan berikutnya, memulainya dengan mengucapkan terima kasih kepada Andre Rahadian dan Iluni serta Civitas Akademika UI, atas peran besarnya membantu bangsa Indonesia melawan pandemi Covid-19.

“Saat pandemi, saya menjabat Kepala BNPB yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19. Besar jasa Iluni UI dalam ikut bersama-sama menaggulangi pandemi,” kata Doni.

Termasuk bantuan dari Civitas Akademika UI yang begitu besar kontribusinya. Ada yang dari FK UI, pakar epidemiologi, pakar kesehatan masyarakat, dan pakar-pakar lain.

Tak kurang 100 pakar berhimpun dalam Tim Pakar Gugus Tugas yang kemudian berubah menjadi Satgas Covid-19. Tim ini yang bersama-sama membangun dan menyusun program penanggulangan pandemi.

dibaca : 124

Laman: 1 2 3 4



Komentar Anda

Berita lainnya Nasional

Populer Minggu ini

Arsip

To Top