ikut bergabung

Wadir RSUD Bulukumba Berbagi Tips Asupan Gizi yang Baik dan Seimbang Saat Berpuasa


FOTO/IST: Wadir Pelayanan dan Penunjang Medik RSUD Andi Sulthan Daeng Radja, Bulukumba, dr. Rismayanti Waris berbagi tips asupan gizi saat berpuasa di ruang tunggu poli rawat jalan, Kamis (21/4/2022).

Sulsel

Wadir RSUD Bulukumba Berbagi Tips Asupan Gizi yang Baik dan Seimbang Saat Berpuasa

BULUKUMBA, UJUNGJARI.COM — Wakil Direktur Pelayanan dan Penunjang Medik RSUD Andi Sulthan Daeng Radja, Bulukumba, dr. Rismayanti Waris berbagi tips asupan gizi saat berpuasa pada kegiatan penyuluhan di ruang tunggu poli rawat jalan RSUD Andi Sulthan Daeng Radja, Kamis 21 April 2022.

Penyuluhan ini digelar RSUD dalam rangka peringatan hari Kartini yang jatuh pada setiap tanggal 21 April. Selain penyuluhan, pihak RSUD juga memberikan hadiah kepada pasien yang dapat menjawab pertanyaan dari pemateri pada sesi tanya jawab.

Dalam pengantarnya dr. Rismayanti menyampaikan, saat tubuh berpuasa (tidak ada asupan makanan di siang hari), sebetulnya metabolisme tubuh tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia untuk hidup.

Tubuh tetap butuh energi untuk menjalankan kebutuhan dasar seperti bernapas, menjaga suhu tubuh, mendukung fungsi jantung, bahkan perbaikan sel yang rusak. Aktivitas ini terus terjadi meskipun orang tersebut dalam kondisi berpuasa

Menurut dr. Rismayanti Waris, warga perlu mengetahui asupan gizi yang baik dan seimbang pada saat berpuasa, sehingga kita dapat mengatur makanan apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh saat berpuasa.

“Asupan gizi seimbang adalah susunan makanan sehari – hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh,” ungkap dokter spesialis gizi klinik RSUD ini.

Dikatakannya, bahwa pada saat berpuasa tentunya tubuh tidak makan dan minum hingga lebih dari 14 jam. Ini akan berakibat oleh asupan kalori berkurang, dan asupan cairan berkurang.

Baca Juga :   Diduga Menipu Empat Bersaudara, Oknum Staf Kelurahan Dilapor Polisi

“Perlu diketahui bersama bahwa pada intinya tidak ada perubahan kebutuhan gizi saat puasa dan tidak puasa meski kita sedang berpuasa, tubuh tetap menjalankan aktivitasnya seperti biasa, seperti bernapas, mengoptimalkan semua fungsi organ dalam dan lain-lain. Makanya penting memperhatikan asupan makanan selama sahur dan berbuka, Supaya metabolisme kita tetap terjaga,” imbuhnya.

Walau demikian ternyata manfaat puasa sangat banyak. Dari beberapa penelitian ilmiah, ungkapnya, puasa merupakan media detoksifikasi tubuh yakni terjadinya penurunan radikal bebas dan peningkatan antioksidan.

“Puasa juga dapat menstabilkan kadar darah, menurunkan masa lemak dan berat badan, serta perbaikan sistem hormon dan imun tubuh,” terangnya.

Nah, apa saja yang perlu di lakukan saat tubuh sedang berpuasa, Andi Rahmatia petugas dari poli klinik gizi RSUD menjelaskan lebih gamblan terkait hal – hal baik yang dapat dikonsumsi pada saat berpuasa

dibaca : 86

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top