ikut bergabung

KAPTEN Indonesia Tawari Gowa Kerjasama Perekrutan Naker ke Korsel


AUDIENS. Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menerima audiens KAPTEN Indonesia. (foto/ist)

Sulsel

KAPTEN Indonesia Tawari Gowa Kerjasama Perekrutan Naker ke Korsel

GOWA, UJUNGJARI.COM — Komunitas Penyedia Tenaga Kerja Internasional (KAPTEN) Indonesia bersama Pemerintah Korea Selatan menawarkan kerjasama perekrutan tenaga kerja ke Korsel ke Pemerintah Kabupaten Gowa.

Tawaran itu disampaikan Ketua DPW KAPTEN Indonesia Sulawesi Sulatan Muh Juanda Syamsul saat melakukan audiens ke Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan di rujab Jl Beringin Gowa, Rabu (13/4/2022) siang.

Kepada KAPTEN Indonesia, Adnan menyambut baik program Kerja Paruh Musim yang digelontorkan tersebut.

Menurut Adnan, pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Gowa siap bekerjasama selama menguntungkan dan bermanfaat bagi masyarakatnya.

” Tentu program ini akan membantu Pemerintah Kabupaten Gowa untuk menurunkan angka pengangguran. Apalagi saat ini dampak dari pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak orang kehilangan pekerjaan. Kalau ini berjalan pasti akan mampu mengurangi angka pengangguran dan tentu akan berkorelasi dengan penurunan angka kemiskinan,” kata Adnan didampingi Wabup Gowa Abd Rauf Malaganni dan Sekdis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gowa Umar Majid.

Adnan pun berharap regulasi dari program ini bisa segera dikirimkan oleh KAPTEN Indonesia ke Pemerintah Kabupaten Gowa agar bisa segera dikaji dan dipelajari serta dikonsultasikan ke pemerintah provinsi maupun pusat.

“Kita akan kaji baik agar program ini bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan nantinya pengiriman pekerja paruh musim yang akan bekerja di Korea Selatan bisa terdata dengan baik dan melewati proses-proses yang sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku,” kata Adnan.

Baca Juga :   Mencuri Motor, Warga Mamasa Diringkus Resmob Tator

Sementara itu Ketua DPW KAPTEN Indonesia Sulsel Muh Juanda Syamsul mengatakan bahwa pekerja paruh musim ini merupakan program baru dari KAPTEN Indonesia. Juanda mengatakan Gowa merupakan daerah pertama di Sulsel yang dipilih untuk pelaksanaan program ini.

“Program ini kita pertama tawarkan di Kabupaten Gowa, kemudian beberapa daerah selanjutnya ada Sukabumi, Pacitan dan Purwokerto, bahkan memang untuk pertama kita perkenalkan di Sulsel,” papar Juanda.

Nantinya, kata Juanda KAPTEN Indonesia akan merekrut tenaga kerja sebanyak-banyaknya di Kabupaten Gowa untuk bekerja di Korea Selatan. Para pekerja sebelum diberangkatkan, terlebih dahulu akan dilakukan pembekalan bahasa dan akan bekerja selama lima bulan.

“Kita akan rekrut sebanyak-banyaknya, tapi kita belum bisa bicara terlalu jauh berapa jumlah kuota untuk Gowa. Tapi yang jelas sebanyak-banyaknya untuk mengurangi tingkat pengangguran di Kabupaten Gowa dan sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat dan devisa negara,” kata Juanda lagi.-

dibaca : 35



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top