ikut bergabung

Pemkab Gowa – USAID Gelontorkan Program ERAT


Sekkab Gowa Kamsina. (foto/ist)

Sulsel

Pemkab Gowa – USAID Gelontorkan Program ERAT

GOWA, UJUNGJARI.COM — Pemerintah Kabupaten Gowa kembali membuka kerjasama dengan United States Agency for International Development (USAID). Kerjsama itu dinamai program ERAT atau program tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien dan kuat yang telah dituangkan dalam Grant Implementation Agreement (GIA) pada 6 April 2021 oleh Kemendagri bersama USAID.

Dalam program ERAT ini dimaksudkan sebagai program hibah untuk meningkatkan efektivitas pemerintah kabupaten melalui peningkatan kualitas pelaksanaan kebijakan dan pemberian layanan di tingkat daerah. Program ini akan berlangsung hingga 2026 sejak mulai dicanangkan pada 2021 lalu.

Sekretaris Kabupaten Gowa Kamsina dalam lokakarya pelaksanaan program USAID ERAT Provinsi Sulawesi Selatan di Lily Ballroom Hotel Four Points Makassar, Selasa (12/4/2022) mengatakan Program ERAT ini berfokus pada co-design detail program di masing – masing SKPD yang berkaitan dengan inovasi tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik.

Kamsina pun berharap, dalam program ERAT ini ada inovasi dari setiap daerah dalam melaksanakan pelayanan pada masyarakat. Dengan adanya program ini dapat memacu seluruh kabupaten/kota agar mempercepat pelayanan publiknya yang memang sangat dibutuhkan.

“Salah satu contohnya di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ada inovasi “Sikola Amma’ Bapak” untuk menurunkan angka perkawinan usia sekolah dan sekaligus menurunkan angka stunting di Kabupaten Gowa. Program Sikola Amma’ Bapak ini sangat membantu penurunan angka stunting yang merupakan salah satu program prioritas pemerintah pusat. Terbukti program tersebut berhasil menekan stunting hingga angka 6,26 persen pada tahun 2020 di Gowa. Padahal pemerintah pusat baru menargetkan angka 14 persen nanti pada tahun 2024, dimana angka prevalensi stunting nasional pada tahun 2021 lalu sebesar 24,4 persen,” papar Kamsina.

Baca Juga :   Rapat Penyaluran Sembako Dihadiri Pihak Polres Parepare

Selain program Sikola Amma’ Bapak, Pemkab Gowa juga nelakukan inovasi lain yakni “Sahabat Lapor”. Inovasi ini bahkan mendapatkan penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik di lingkup kementerian/lembaga, pemerintah daerah, BUMD dan BUMD tahun 2021.

“Sahabat Lapor ini dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat Kabupaten Gowa dalam menyampaikan laporan melalui aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR). Kami dari Pemkab Gowa mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada USAID atas kolaborasi program yang dicanangkan ini. Kita berharap ke depannya ada inovasi baru yang lebih baik lagi dari sebelumnya di Kabupaten Gowa,” kata Kamsina.

dibaca : 65

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top