ikut bergabung

Legislator Toraja Janji Fasilitasi Perjuangan Warga Kayuosing


Sulsel

Legislator Toraja Janji Fasilitasi Perjuangan Warga Kayuosing

TATOR, UJUNGJARI–Pemuda Dan Masyarakat Kayuosing Bersatu (PMKB), Kecamatan Rembon, menggeruduk DPRD Tana Toraja, Senin (21/3) lalu. Mereka kecewa lantaran tidak ditemui anggota dewan karena sedang reses.

PMKB sudah lega setelah, Senin (28/3) kemarin aspirasi mereka diterima Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi, dan anggota dewan lainnya Christian Talebong, Kristian H.P.Lambe, Kendek Rante, Randan P. Sampetoding, Yohanis Lithang Tombilangi, dan Yuli Saranga, diruang rapat pimpinan dewan.

Usai audiens, Welem Sambolangi katakan, pada prinsipnya dewan mendukung penuh perjuangan PMKB fenomena penduduk Kayuosing belum menikmati listrik.

Menurut Welem, dewan bersama eksekutif siap fasilitasi perjuangan warga Kayuosing konsultasi Pimpinan PLN Wilayah Sulsel, Barat, dan Tenggara (Sulbateng), sebab di Tana Toraja masih ada beberapa Lembang (Desa) belum mendapatkan sambungan aliran listrik PLN. Selain ada di kecamatan Saluputti, juga Malimbong Balepe, Rantetayu, Kurra, Bittuang, Masanda, Simbuang Mappak, Rano, dan Bonggakaradeng.

Welem janji dalam waktu dekat DPRD bersama Pemda Tana Toraja tindaklanjuti aspirasi masyarakat Kayuosing konsultasi dengan Pimpinan PLN Wilayah Sutanbatara (Sulsel, Sulbar, Sultra) di Makassar, untuk segera ditindaklanjuti ke Menteri ESDM, Menteri BUMN, Menteri Pendidikan, dan DPR RI.

Terkait keluhan warga Kayuosing ada oknum melakukan pungutan atas nama PLN Cabang Makale dengan dalih biaya pemasangan instalasi dalam rumah, dewan desak Polres Tana Toraja kordinasi PLN usut tuntas perbuatan tercela tersebut dan diproses hukum sesuai aturan dan mekanisne yang berlaku, ujar Welem.

Baca Juga :   Rajut Kebersamaan, PT. Annur Ma'arif Biro Perjalanan Haji dan Umrah

Sebelumnya Sriwanus Erpi Balatau dari PMKB jelaskan, aspirasi disampaikan kedewan sangat urgen mencerdaskan generasi muda. Pasalnya masa pandemi Covid-19 pelajar, dan siswa, maupun mahasiswa belajar daring. Lantaran listrik belum ada terpaksa anak sekolah harus naik gunung cari signal hingga malam hari.

Sriwanus Erpi Balatau berharap PLN segera menuntaskan pembangunan PLN di Lembang Kayuosing, juga DPRD Tana Toraja mendengar, menampung dan melaksanakan aspirasu masyarakat Lembang Kayuosing. Demikian pula perhatian DPRD perioritaskan pembangunan BTS di Katuosing, dan mendesak Pemda Tana Toraja perhatian khusus pembangunan Lembang Kayuosing, ujar Sriwanus. (agus)

dibaca : 52



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top