ikut bergabung

Tiga Ribu Lebih Usulan Masuk di Musrenbang 2023


MUSRENBANG. Suasana Musrenbang RKPD 2023 tingkat Kabupaten Gowa di gedung Mulia Samata. (foto/ist)

Sulsel

Tiga Ribu Lebih Usulan Masuk di Musrenbang 2023

GOWA, UJUNGJARI.COM — Pemerintah Kabupaten Gowa menggelar musyawarah rencana pembangunan terkait rencana pembangunan daerah Kabupaten Gowa untuk tahun 2023. Musrenbang ini digelar di gedung Mulia Samata, Kecamatan Somba Opu, Kamis (24/3) diikuti seluruh pimpinan SKPD, para Camat, Kepala Desa dan Lurah.

Sementara Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan yang memimpin langsung musrenbang tersebut secara virtual mengatakan sebanyak 3.440 usulan program masuk ke Musrenbang.

Dari 3.440 usulan program ini kata Adnan, usulan program terbanyak berasal dari Kecamatan Tinggimoncong sebanyak 325 usulan program. Sementara usulan program paling rendah dari Kecamatan Bontomarannu dengan 34 usulan program.

“Kami mendorong bagaimana perencanaan pembangunan pada 2023 mendatang harus betul-betul adaptif dengan perkembangan situasi yang kita hadapi saat ini,” ujar Adnan.

Pada usulan program tersebut diklasifikasikan menjadi tiga kelompok. Usulan pertama di bidang ekonomi dan sumber daya alam sebesar 28,54 persen. Usulan kedua di bidang infrastruktur sebesar 51,81 persen dan usulan ketiga program di bidang pembangunan manusia dan sosial budaya sebesar 19,64 persen.

“Untuk itu, langkah tepat yang harus ditempuh demi menghasilkan perencanaan yang baik adalah dengan senantiasa melakukan penyempurnaan pada mekanisme dan tahapan perencanaan serta senantiasa melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Apa yang dikerjakan
tahun ini akan memberi pondasi di tahun yang akan datang, ” tegas Adnan.

Baca Juga :   Ratusan Personil BKO Brimob Akan Patroli Dialogis di Gowa

Musrenbang bertema ‘Pemulihan Sosial Ekonomi Berkelanjutan Didukung Penguatan SDM, Pemanfaatan Infrastruktur dan Daya Saing Daerah’ ini menurut Bupati Gowa adalah rutinitas tahunan untuk merencanakan pembangunan tahun berikutnya.

Adnan juga berharap, pada penyusunan RKPD 2023 dapat lebih integratif dan mampu menjawab permasalahan serta tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat secara tepat dan strategis.

“Melalui musrenbang ini saya berharap hasilnya dapat menghimpun seluruh aspirasi atau harapan masyarakat terhadap prioritas, sasaran, dan program pembangunan daerah, ” terangnya.

Sementara Sekretaris Bappeda Kabupaten Gowa Alimuddin Hakim mengatakan, sebelum dilaksanakan Musrenbang RKPD 2023 ini sejumlah tahapan telah dilakukan yakni melaksanakan musrenbang di tingkat desa dan kelurahan, kemudian musrenbang di tingkat kecamatan. Disusul pelaksanaan forum konsultasi publik rancangan awal RKPD 2023, forum perangkat daerah atau lintas perangkat daerah, serta musrenbang tematik yang terdiri dari Musrenbang Anak dan Musrenbang Pemuda.

dibaca : 56

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top