ikut bergabung

Peserta Diklatpim III Papua Barat Belajar Pelayanan di MPP Barru


Sulsel

Peserta Diklatpim III Papua Barat Belajar Pelayanan di MPP Barru

BARRU, UJUNGJARI.COM — Puluhan peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) PIM III asal Provinsi Papua Barat, berkunjung ke kabupaten Barru untuk belajar pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP), Rabu (23/3).

Rombongan peserta Diklatpim III asal Provinsi Papua Barat ini dipimpin Kepala Dinas Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Papua Barat Edward Lunarki dan diterima langsung Bupati Barru Suardi Saleh.

Suardi mengucapkan terima kasih atas ditunjuknya Kabupaten Barru menjadi tujuan Study Kepemimpinan Administrator ini.

Kabupaten Barru menjadi lokus study kepemimpinan administrator dipastikan telah melalui seleksi dan pengujian atas prestasi dan citra positif yang terbangun, yang gemanya sampai ke tanah Papua.

Bupati Barru Suardi Saleh dalam kesempatan itu memaparkan, gambaran selayang pandang tentang daerah yang terdiri dari 7 Kecamatan, 40 Desa serta 15 kelurahan, dengan bentangan pesisir pantai barat dengan panjang 78,8 Km.

“Di Kabupaten Barru terdapat pelabuhan Garongkong yang menjadi pusat transportasi menghubungkan Barru dengan Daerah di Indonesia,” ucap Suardi.

Bupati dua periode ini juga menjelaskan bahwa Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menunjuk Pelabuhan Garongkong di Kabupaten Barru untuk menjadi harapan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) penyangga ibu kota baru yaitu Ibu Kota Nusantara (IKN).

Suardi juga menjelaskan, bahwa laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Barru mencatatkan angka yang baik, dimana sebelum Covid 19 hanya 6,49% sedangkan justru adanya Covid naik 74,1 %.

Baca Juga :   Ingin Beri Masukan ke KPU Sinjai Soal Paslon Kepala Daerah ? Begini Caranya

“Diawal memimpin Kabupaten Barru yang kami benahi dulu adalah rumah sakit, ya memang yang namanya antri itu menunggu tetapi Alhamdulillah, setelah dibenahi secara bertahap dan saat ini ruangan VIP di sana itu sudah 5 buah dan ternyata VIP ini menjadi kebutuhan masyarakat,” terangnya.

Kepala Daerah ini kemudian mengungkapkan sisi keberadaan Mall Pelayanan Publik (MPP) yang banyak memberi manfaat besar untuk masyarakat.

“Saat ini, di MPP terdapat 24 instansi yang melayani kebutuhan administrasi masyarakat, pada prinsipnya, selain pelayanan aman, nyaman dan masyarakat bahagia,” jelasnya.

Disampaikan pula, bahwa pelayanan administrasi Dinas Kependudukan Catatan Siplil sudah bisa  melalui petugas  Desa, dimana semua dokumen kependudukan sudah bisa jadi di akses di Desa kecuali perekaman, sama halnya program Pemerintah yang namanya OSS, dimana setiap Desa ada juga petugasnya.

dibaca : 93

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top