ikut bergabung

Sekretaris Fraksi PPP: Kepala Otorita IKN Bisa Dirangkap Menteri


Nasional

Sekretaris Fraksi PPP: Kepala Otorita IKN Bisa Dirangkap Menteri

JAKARTA,UJUNGJARI.COM–Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Achmad Baidowi berpendapat jabatan kepala otorita Ibu Kota Negara tidak mesti dari luar kementerian. Bisa saja jabatan itu dirangkap oleh menteri. Wakilnya baru direkrut dari luar kementerian.

Baidowi menyebut dasar pengangkatan jabatan Kepala Otoritas Ibu Kota Negara (IKN) bisa dirangkap oleh menteri dan wakilnya dari luar kementerian itu sesuai dengan aturan Pasal 4 ayat 1(b) UU nomor 3 tahun 2022 tentang IKN.

“Pasal 4 ayat 1 (b) UU IKN disebutkan status badan otorita IKN adalah pemerintah daerah khusus setingkat kementerian. Maka, jabatan kepala otoritas IKN bisa dirangkap oleh menteri, adapun wakilnya dari luar kementerian,” kata Baidowi di Jakarta, Minggu.

Tetapi itu semua, kata dia bergantung pilihan Presiden Joko Widodo. Yang jeas menurut dia, peluang salah satu menteri merangkap sebagai Kepala Badan Otorita IKN sangat terbuka jika melihat ketentuan UU IKN.

“Siapa menteri yang dimaksud? Semuanya tergantung keputusan presiden, bisa Mendagri, Menteri PPN, Menkopolhukam atau menteri yang ditunjuk Presiden,” ujarnya.

Dia mengatakan, sesuai ketentuan Pasal 10 ayat 3 UU IKN, Presiden memiliki waktu dua bulan untuk mengangkat Kepala Badan Otorita IKN untuk pertama kali.

Menurut dia, sesuai ketentuan Pasal 9 ayat 1 UU IKN, kepala dan wakil kepala otorita IKN diangkat dan diberhentikan oleh presiden. Selain itu menurut dia, setelah UU No. 3 Tahun 2022 tentang IKN resmi diundangkan, maka pemerintah wajib menyusun aturan pelaksana agar bisa diimplementasikan.

Baca Juga :   Debat Pamungkas, ADAMA dan DILAN Saling Memuji

Baidowi menambahkan gugatan terhadap UU IKN di Mahkamah Konstitusi (MK) tidak menghentikan keberlakuan UU tersebut sebelum ada putusan MK. Karena itu dia menilai pembuatan aturan teknis bisa langsung dilakukan tanpa harus menunggu putusan MK. (jp)

dibaca : 41



Komentar Anda

Berita lainnya Nasional

Populer Minggu ini

Arsip

To Top