ikut bergabung

Dandim Gowa Optimalkan Peran Babinsa Edukasi Vaksinasi ke Masyarakat


Dandim 1409 Gowa Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo. Dan suasana vaksinasi malam hari di salah satu rumah lansia di Kecamatan Biringbulu. (foto/sar)

Sulsel

Dandim Gowa Optimalkan Peran Babinsa Edukasi Vaksinasi ke Masyarakat

GOWA, UJUNGJARI.COM — Dandim 1409 Gowa Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo mengatakan vaksinasi covid-19 yang gencar dilakukan pemerintah selama ini bukan untuk siapa-siapa tapi vaksinasi itu untuk diri pribadi setiap masyarakat.

” Sebenarnya vaksinasi covid ini adalah kebutuhan diri kita pribadi dimana jika kita melakukan vaksinasi maka tentu antibodi dalam tubuh kita akan menjadi perisai atau penangkal bibit penyakit ada. Dan kenapa kita semua harus menjalani vaksin yah karena jika semua masyarakat sudah vaksin maka kita semua sama-sama kebal dan memiliki antibodi sehingga kita bersama-sama dapat membentuk benteng pelindung penularan virus covid ini. Inilah yang dinamakan herd immunity atau kekebalan kelompok, ” kata Dandim Gowa dihadapan sejumlah awak media di ruang kerjanya, Rabu (16/2) siang.

Diakui Dandim Gowa, saat ini pihaknya (khusus lingkup Kodim 1409) sementara kosong stok vaksin sehingga jajaran Kodim Gowa tidak melaksanakan sementara kegiatan vaksinasi dibawah bendera TNI. Meski demikian, tambah Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo, pihaknya tidak lantas berpangku tangan.

Namun jajaran Kodim mulai di kesatuan teratas hingga ke bawah (Babinsa) melakukan koordinasi bersama dengan pihak lain baik pemerintah maupun Polri melakukan vaksinasi.

” Stok vaksin kami di Kodim lagi kosong sehingga peran kami didalam kegiatan kebut vaksin ini adalah tetap membackup layanan vaksinasi yang dilakukan pemerintah maupun pihak lain seperti Polri. Peran Babinsa kami optimalkan untuk melakukan edukasi dan sosialisasi kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat yang ada di desa-desa terpencil dataran tinggi,” jelas Dandim Gowa.

Baca Juga :   Wabup Aska Minta Asita Sulsel Promosikan Wisata Barru

Prasetyo mengatakan, hingga saat ini TNI tetap mensupport kegiatan vaksinasi dengan cara mendatangi masyarakat door to door untuk memberikan edukasi dan mensosialisasikan pentingnya vaksin dilakukan.

” Berhubung juga dominan masyarakat Gowa itu adalah petani sehingga rerata mereka hanya mau datanh vaksin pada saat sore hari setelah mereka pulang dari sawah atau kebunnya. Jadi di desa-desa itu rerata vaksinasi dilakukan jam empat sore hingga malam hari, terkadang sampai jam 11 malam. Dan jika ada warga yang berhalangan ke tempat vaksin semisal karena usia lanjut maka tim medis akan datang ke rumah warga tersebut. Disinilah peran kami TNI membantu mengedukasi mereka,” jelas Dandim didampingi Pasi Inteldim 1409 Lettu Arh Udin Saadi serta Letda Czi Naswar selaku Danunit Inteldim dan Kapten Cba Edi Sudarsono selaku Danramil 1409-06 Bajeng dan Danpok Bansus Unit Inteldim Peltu Bachtiar.

dibaca : 100

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top