ikut bergabung

“Pakintaki” Makin Viral, Ini Arti Kata Itu Menurut Pakar Bahasa Makassar

Makassar

“Pakintaki” Makin Viral, Ini Arti Kata Itu Menurut Pakar Bahasa Makassar

MAKASSAR,UJUNGJARI.COM–Kata “pakintaki” makin viral di media sosial. Kata yang dipopulerkan seorang remaja Jeneponto melalui vlog itu digunakan sejumlah netizen di beberapa platform media sosial. Tidak terkecuali di tiktok.

Apa sebenarnya arti dari kata pakintaki? Pemerhati bahasa daerah Makassar, Dr Asis Nojeng mengatakan kata itu merupakan kosa kata bahasa Makassar.

“Dalam pemakaiannya sehari-hari, kata ini kadang disama-artikan dengan TAKBANGKA, TAKKIJANG, TAKKENDEK yang agak sinonim atau memiliki arti yang sama yakni kaget atau terperanjat,” kata doktor linguistik UNM Makassar itu.

Ketua Himpunan Pembina Bahasa Daerah Sulsel itu menambahkan bentu kekagetan dari arti pakinta itulah yang membedakannya jika dijabarkan ke dalam bahasa Makassar.

“Seperti halnya kata jatuh dalam kosa kata Makassar juga variatif sesuai dengan keadaan jatuhnya,” kata dosen Bahasa dan Sastra Indonesia UNM Makassar ini.

Seniman yang dikenal kocak ini mencontohkan istilah TAPPECCOROK (jatuh dalam keadaan terpeleset), TAKROMPANG (jatuh dalam keadaan tersandung), dan masih banyak bentuk jatuh yang lain, seperti TATTINDOLAK, TAPPANYUNNYUK, TAKGAMAPPASAK, TATTINOMPANG, dan lain sebagainya.

“Kembali ke kata PAKINTAKI, juga memiliki bentuk lain sebelum menjadi kata kerja yakni TAKKINTAK merupakan kata sifat yang berarti Tersentak. Sebenarnya, juga memiliki bentuk peleburan bentuk lain, yakni TAKKINTAKI= DIA TERSENTAK,” urai Nojeng, sapaan karibnya.

Mengapa akhir-akhir ini yang viral, PAKINTAKI bukan TAKKINTAKI? Tanpa sengaja, penutur pertama kata itu yang berdomisili di Kabupaten Jeneponto mengucapkan dengan santai dan dalam keadaan ingin bersenda gurau. Namun, pada kenyataannya, kata PAKINTAKI memiliki makna yang begitu dalam, yakni SENTAKKAN.

Baca Juga :   Pj Walikota Makassar Bahas Hari Raya Idul Fitri, Ulama Ikut Keputusan Pemerintah

Setelah kata itu viral di sosial media, beberapa meme dan stiker pun bermunculan. Bahkan, pria kelahiran Karamaka, Bangkala-Jeneponto itu memberikan semangat kepada klub sepak bola kebanggaan Sulawesi Selatan, yakni PSM. PAKINTAKI PSM yang kalau diterjemahkan yaitu AYO, PSM SENTAKKAN. Sentakkan semangatmu, sentakkan penonton dengan gempuran golmu ke gawang lain, dan lain sebagainya. Harapan yang begitu besar disampaikan hanya dengan satu kata itu, PAKINTAKI.

Terkait dengan sikap beberapa netizen yang mencoba memberikan makna dengan nyeleneh, Nojeng menganggap itu hak mereka. “Tidak ada salahnya,” kata dia.

Menurutnya, penutur pertama kata itu, tentu, tidak mengarah ke situ dalam hal pemaknaannya. “Jadi, mohon untuk tidak menggiring kata PAKINTAKI ke hal-hal negatif. Cukuplah kita terhibur dengan ulah pria hitam manis dari Jeneponto itu. Demikian!,” tutur pria berkepala plontos yang kelucuannya bisa disaksikan di akun youtube Nojeng Comol. (*)

dibaca : 562



Komentar Anda

Berita lainnya Makassar


Populer Minggu ini

Arsip

To Top