ikut bergabung

17 Santriwati Diduga Keracunan Sudah Pulang Setelah Ditangani Intensif di RSUD Syekh Yusuf


dr Zarah Alifani Dzulhijjah. (foto/ist)

Sulsel

17 Santriwati Diduga Keracunan Sudah Pulang Setelah Ditangani Intensif di RSUD Syekh Yusuf

GOWA, UJUNGJARI.COM — Sedikitnya 17 orang santriwati pondok pesantren Putri Yatama Mandiri, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa kini dinyatakan sembuh setelah diduga mengalami keracunan usai mengkonsumsi makanan di ponpesnya. Para santriawati ini sebelumnya dilarikan ke RSUD Syekh Yusuf setelah mengalami mual dan muntah satu jam setelah makan malam berupa nasi, ikan, sayur dan masakan suwir ayam.

Indikasi keracunan makanan ini terjadi pada Sabtu (5/2/2022) sekira pukul 21.00 Wita. Karena rerata santriwati mengaku mengalami pusing, mual dan muntah usai makan, akhirnya dibawalah ke RSUD Syekh Yusuf. Di IGD rumah sakit yang berlokasi di Jl Wahidin Sudirohusodo, Kelurahan Batangkaluku, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa ini, para santriwati ditangani intensif oleh paramedis di rumah sakit besar di Gowa ini.

Hasilnya, tak menelan waktu berjam-jam usai ditangani dan kondisi para santriwati berangsur membaik akhirnya 17 santriawati pun dibolehkan pulang ke Ponpes.

Salah satu santriwati bernama Febriyanti ditemui usai diperiksa dokter mengaku mengalami gejala sakit perut, muntah dan diare usai menyantap makanan tersebut.

“Makanannya dari luar. Ada banyak teman saya yang merasakan gejala seperti saya,” kata Febriyanti. Hal sama dikatakan Nesti. Santriwati yang satu ini mengaku merasakan sakit perut, pusing dan muntah setelah makan makanan yang datang dari luar Ponpes.

“Saya makan mie, sayur dan ayam. Makanannya saya kurang tahu dari mana. Satu jam baru saya merasakan sakit perut,” bebernya.

Baca Juga :   Pemkab Pangkep Bayar THR ASN Rp26 Miliar

Disela menangani para santriwati yang diduga keracunan Sabtu malam itu, salah seorang dokter jaga di IGD yakni dr Zarah Alifani Dzulhijjah membenarkan ada 17 orang santriwati yang bersamaan datang ke rumah sakit dengan keluhan sama.

“Bersamaan semua datang. Keluhannya rata-rata diare, muntah, sakit perut dan sakit kepala. Sudah dipastikan bahwa gejala yng mereka alami itu karena gangguan pada pencernaan mereka,” kata dr Zarah.

Namun diakui dr Zarah, setelah semua santri ditangani intensif, kondisi mereka sudah berangsur membaik.

” Iya setelah ditangani intensif, kondisi para santriwati ini sudah mulai membaik. Keluhan yang dirasakan pun mulai berkurang sehingga mereka pun dipulangkan, ” kata dr Zarah.

Terpisah, Plt Direktur RSUD Syekh Yusuf Gowa Zainuddin Jufri yang dikonfirmasi, Senin (7/2) siang membenarkan adanya kasus dugaan keracunan yang dikeluhkan beladan santriwati dari salah satu pesantren di Pallangga.

dibaca : 115

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top