ikut bergabung

Pernah Jadi Korban, Artis Luna Maya Bagikan Tips Terhindar dari Penipuan


Luna Maya (Foto: Jawapos)

Berita

Pernah Jadi Korban, Artis Luna Maya Bagikan Tips Terhindar dari Penipuan

JAKARTA–Ternyata artis Luna Maya pernah menjadi korban penipuan. Ia menceritakan pernah dihubungi seseorang mengatasnamakan perusahaan atau instansi tertentu untuk kepentingan penipuan. Akibat Luna kehilangan dana mencapai Rp1,9 juta.

Sejatinya Luna sudah curiga sejak awal kalau orang yang menghubunginya ini bukan lah orang benar. Sebab nomornya saja sudah mencurigakan.

Kecurigaan lain juga terjadi dari gaya berbicara orang yang menghubunginya melalui telepon tidak seperti customer service yang biasanya enak didengar. Tapi sialnya, Luna Maya terus meladeninya.

“Itu kayak dihipnotis ya, kita kayak dibikin sibuk terus disuruh melakukan ini, itu. Kayak seolah-olah beneran mau dapat. Kayak nggak dikasih napas buat mikir,” Luna Maya dalam video di akun YouTubenya seperti dikutip dari jawapos.com, Rabu (2/2).

Meskipun sudah merasakan kecurigaan di awal, Luna Maya tetap mengikuti arahan dari penipu. Ia seperti terhipnotis oleh janji-janji manis yang disampaikan si penipu dari ujung telepon. Sampai akhirnya Luna Maya memberikan kode OTP yang harusnya tidak boleh diberikannya kepada siapapun.

Dari kasus yang dialaminya itu, Luna Maya memberikan tiga tips sederhana untuk mengenali sebuah tindakan penipuan melalui sambungan telepon.

Pertama, ia meminta melihatnya dari sisi nomor milik pelaku. Menurut Luna kasus penipuan biasanya menggunakan nomor biasa atau nomor tak semestinya yang berlaku di Indonesia. Yang dialami Luna si penipu menggunakan nomor berawalan +1.

Baca Juga :   LAKSUS Apresiasi Aplikasi Pelaporan Korupsi, Muh Ansar: Terobosan Cerdas

Kedua, kalau suara penelepon itu kurang enak didengar, kemungkinan besar, kata Luna sudah pasti penipu.

Poin terakhir, jika penipu meminta nomor tertentu dengan alasan apapun itu sudah pasti kasus penipuan. Karena nomor yang diminta biasanya merupakan kode OTP untuk penipu dapat masuk dan melakukan transaksi.

dibaca : 47



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top