ikut bergabung

Manfaatkan Momen Hari Kesaktian Pancasila, Magister Psikologi UNM Gelar Webinar Psikologi Kebangsaan


Nasional

Manfaatkan Momen Hari Kesaktian Pancasila, Magister Psikologi UNM Gelar Webinar Psikologi Kebangsaan

Sementara itu Dr Sakka Pati, dosen Hukum Unhas membawakan materi dengan tema “Pancasila Sebagai sumber Hukum Berbangsa dan Bernegara”. Ia menyampaikan generasi muda dan seluruh masyarakat Indonesia sepatutnya bersatu menjaga NKR, bersama mengamalkan nilai-nilai Pancasila untuk menjadi generasi pancasilais yang tangguh.

Pembicara lainnya Dr Abd. Wahid menyampaikan bahwa pancasila memiliki keistimewaan sebagai dasar negara. Oleh karena itu Pancasila dapat dipandang sebagai suatu rahmat dan karunia bagi bangsa Indonesia yang patut diaplikasikan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila menurut dia lahir dari sebuah ijtihad dari para tokoh bangsa The founding father dari kalangan ulama dan intelektual yang telah merumuskan pancasila sebagai dasar negara yang mampu merekatkan budaya dan agama.

Selanjutnya Dr H. Ahmad, S.Ag., S.Psi., M.Si, dosen Psikologi UNM dalam materinya yang berjudul “Pancasila, Generasi Cinta Damai dan Psychological Well-Being”. Beliau menyampaikan bahwa bahwa Pancasial sebagai dasar dan falsafah hidup seharusnya menjadi pedoman hidup dalam domain personal, sosial, dan domain kebangsaan.

Menurut Ahmad, pancasila sebagai falsafah hidup mampu membangun generasi muda sebagai generasi yang cinta damai, toleransi, beradab, beretika, kompeten dan berkemajuan. Dalam perspektif material- pancasila bersumber dari nilai-nilai kearifan local (local wisdom), spiritual dan religious yang sudah lama mengakar dalam tatanan kehidupan masyarakat nusantara.

Arqam Azikin, analis politik kebangsaan selaku pembicara kelima menekankan bahwa dalam konteks NKRI mahasiswa sebagai generasi intelektual harus mampu membangun dan memperkuat karakter dan jati dirinya dari nilai-nilai pancasila. Walaubagaimanapun mahasiswa(generasi muda) merupakan kekuatan utama dalam mengawal sebuah bangsa.

Baca Juga :   YIDM Tebar 100 Mushaf Quran di Sorong Selatan, Papua Barat

dibaca : 95

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Nasional

Populer Minggu ini

Arsip

To Top