ikut bergabung

Puluhan Anggota KSR PMI Gowa Dilatih Tanggap Darurat Bencana


TURUN TEBING. Para peserta orientasi relawan siaga bencana saat mengikuti latihan turun tebing di Benteng Rajaya, Manuju.(foto/ist)

Sulsel

Puluhan Anggota KSR PMI Gowa Dilatih Tanggap Darurat Bencana

GOWA, UJUNGJARI.COM — Meski belum memasuki musim penghujan, namun Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Gowa semakin meningkatkan kewaspadaan serta kesiagaan dalam menghadapi setiap situasi atau hal kejadian bencana.

Sebagai kesiapsiagaannya terhadap setiap momen dan kondisi alam, PMI Gowa makin meningkatkan kapasitas maupun kapabilitas para relawannya. Seperti dilakukan oleh Bidang Organisasi PMI Gowa yakni melaksanakan orientasi relawan siaga bencana.

Orientasi ini dilaksanakan selama dua hari pada Jumat dan Sabtu (10-11/9/2021) pekan kemarin dengan mengambil lokasi giat di Benteng Rajaya, Kecamatan Manuju, Kabupaten Gowa.

Baca Juga

Orientasi yang diikuti puluhan relawan PMI Gowa ini, selain materi kegiatan, mereka juga dibekali pelatihan penanganan bencana dengan pengenalan medan dalam setiap situasi tanggap darurat bencana.

Wakil Ketua Bidang Organisasi PMI Cabang Gowa Ansat Zaenal Bate didampingi Mulyadi Mahmud selaku koordinator bidang mengatakan, kegiatan orientasi ini lebih dititikberatkan pada pola kesiapsiagaan para relawan di segala kondisi alam. Dan kegiatan ini merupakan bagian kegiatan bidang organisasi.

Tujuannya kata Ansar Zaenal Bate agar para relawan mampu bergerak di setiap situasi dan mampu melewati segala halang rintang.

” Salah satu yang diberikan adalah tehnik menghadapi segala medan dan segala situasi. Seperti saat ini, kita bekali para relawan melakukan pelatihan turun tebing. Dimana cara ini perlu dimahiri setiap relawan sebab dalam kondisi bencana, kesigapan dan tanggap darurat harus dimiliki para relawan dan mampu melakukan pertolongan kepada para korban bencana dalam bentuk apapun, ” jelas Ansar Zaenal Bate.

Baca Juga :   TP4D Temukan Proyek Jalan Beton Retak

Ditambahkan Mulyadi Mahmud, bencana tidak memandang waktu dan tempat. Terkadang bencana angin kencang, banjir diiringi longsor.

” Relawan harus tahu segala tipe bencana dan segala bentuk cara menolong, cara mengevakuasi korban baik di tanah datar hingga di dalam jurang. Pelatihan ini diikuti para anggota Korps Sukarelawan Markas PMI Gowa, ” kata Mulyadi Mahmud. –

dibaca : 62



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top