ikut bergabung

Realisasi Pendapatan dan Belanja 54 Persen, DAK Fisik Baru 9,85 Persen


Berita

Realisasi Pendapatan dan Belanja 54 Persen, DAK Fisik Baru 9,85 Persen

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Berdasarkan data dari Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), realisasi pendapatan dan belanja daerah Kota Makassar saat ini sekitar 54 persen.

Sekretaris Daerah Kota Makassar, Moh Anshar menjelaskan, pihaknya tentu akan semakin menggenjot seluruh kegiatan atau program sehingga belanja daerah bisa lebih dinamis.

“Tentunya kita akan melakukan mengoptimalkan. Selain dilakukan percepatan, juga akan dipertimbangkan realistis tidaknya setiap kegiatan. Yang nantinya akan ditampung dalam APBD Perubahan,” ungkap Anshar
saat mengikuti Rapat Koordinasi Percepatan Realisasi Pendapatan dan Belanja Daerah bersama Ditjen Bina Keuda Kemendagri RI, yang digelar secara virtual.

Rapat koordinasi tersebut ditujukan sebagai evaluasi realisasi pendapatan daerah guna memperkuat koordinasi dan sinergi dalam upaya mendorong percepatan realiasasi atau penyerapan APBD Tahun Anggaran 2021, sebagai bagian dari upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Covid19.

“Tentunya ke depan, seluruh stakeholder terkait akan berkolaborasi untuk mempercepat realisasi pendapatan dan belanja daerah, dengan tetap memperhatikan aturan yang ada, serta realistisnya setiap agenda,” ungkap Muh Ansar.

Sementara itu, khusus untuk realisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik di Pemkot Makassar, tercatat masih sangat minim.

Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Kantor Wilayah Sulawesi Selatan serapan
DAK baru mencapai Rp6,26 miliar atau 9,85 persen dari pagu anggaran Rp63,57 miliar. Masih di bawah 10 persen, sedangkan serapan di daerah lain sudah mencapai 15 persen sampai 39 persen.

Baca Juga :   Vertikal Garden Lorong Wisata Jaga Kualitas Udara

Kabupaten Maros merupakan daerah dengan serapan anggaran paling tinggi. Realisasinya, 39 persen atau Rp34,84 miliar dari total anggaran Rp89,33 miliar.

Secara keseluruhan, serapan DAK Fisik di Sulsel sudah mencapai 24 persen atau Rp866,97 miliar dari pagu anggaran Rp3,6 triliun.

Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Makassar, Dakhlan saat dikonfirmasi enggan berkomentar banyak.

Kata dia, serapan anggaran DAK Fisik menjadi tanggung jawab masing-masing OPD.

“Soal realisasi yang masih rendah, dinas bersangkutan yang lebih tahu apa masalahnya. Jadi bisa di cek di OPD masing-masing,” singkat Dakhlan.

Diketahui, ada 14 paket proyek DAK Fisik Pemkot Makassar dari total anggaran Rp63,57 miliar.

Hanya saja dari jumlah itu, baru Rp40,96 miliar yang sudah dilakukan pengikatan kontrak dan terealisasi cuma Rp6,26 miliar.

dibaca : 42

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top