ikut bergabung

Pelindo IV Terus Berbenah Menyongsong Integrasi Pelabuhan


Berita

Pelindo IV Terus Berbenah Menyongsong Integrasi Pelabuhan

Proyek strategis nasional berikutnya yang berada di wilayah Pelindo IV adalah rehabilitasi dan rekonstruksi pelabuhan di Teluk Palu yang merupakan sinergi dengan Kementerian BUMN, yakni Pelabuhan Donggala, Pelabuhan Pantoloan, dan Terminal Wani yang rencananya dibiayai dengan menggunakan Asian Development Bank (ADB) loan untuk studi dan pembangunan kontruksinya.

“Saat ini sedang tahap feasibility study, RIP dan penetapan Daerah Lingkungan Kerja (DLKr)/Daerah Lingkungan Kepentingan (DLKp) yang telah rampung dan menunggu penetapan dari Kementerian Perhubungan dengan total nilai proyek Teluk Palu ini sebesar Rp1,11 triliun,” sebutnya.

Dijelaskan Prasetyadi, selain pengembangan pelabuhan yang masuk dalam PSN, dalam menyongsong integrasi BUMN operator pelabuhan, PT Pelindo IV juga melakukan transformasi di beberapa pelabuhan kelolaan salah satunya adalah Pelabuhan Ambon.

“Transformasi ini meliputi beberapa inisiatif di antaranya perombakan proses bisnis, peralatan dan fasillitas, sistem IT, struktur organisasi, pengukuran kinerja, dan peningkatan kualitas SDM.”

Dituturkan pula bahwa transformasi ini telah berhasil memberikan peningkatan produktivitas Cabang Ambon menjadi 25 box/ship/hour dan memangkas working time dari 3 hari menjadi 1 hari. Hasil dari transformasi ini pastinya juga akan memangkas biaya bagi pemilik kapal dan barang menjadi lebih efisien. Transformasi Cabang Ambon juga dilaksanakan untuk mendukung kesiapan infrastruktur terkait rencana menjadikan Provinsi Maluku sebagai Lumbung Perikanan Nasional.

“Dengan terintegrasinya BUMN pelabuhan ini, nantinya akan menstandarkan seluruh kualitas dan sistem pelayanan dari Sabang sampai Merauke dan ini adalah hal yang sangat positif. Untuk itu Pelindo IV akan terus memacu kinerja operasional dibarengi dengan peningkatan kualitas pelabuhan sehingga dapat mendukung pertumbuhan perekonomian Nasional dan mewujudkan cita-cita integrasi sebagai salah satu kekuatan maritim terbesar di dunia,” pungkas Prasetyadi.

Baca Juga :   Tempo Apresiasi Pemkot Makassar dalam Pengembangan Digitalisasi

Lebih jauh lagi Prasetyadi juga menambahkan bahwa PT Pelindo IV optimis integrasi BUMN Pelabuhan memberikan manfaat yang sangat baik bagi BUMN pelabuhan, Pemerintah serta yang terpenting adalah bagi masyarakat. Beberapa diantaranya manfaat integrasi adalah BUMN Pelabuhan akan dapat Go Global menjadi Top 10 Operator Terminal Global dan Internasional, mempermudah alur koordinasi pemerintah dengan pengelola Pelabuhan Indonesia, meningkatkan kontribusi pendapatan negara, penurunan biaya logistic, dan bagi masyarakat tentunya peningkatan produktivitas dan efisiensi pelayanan di Pelabuhan yang pada akhirnya akan menurunkan harga barang. (*)

dibaca : 39

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top